Manfaat Empedu dan Darah Ular Untuk Kesehatan

by
December 16th, 2014 at 1:32 pm

CiriCara.com – Ular adalah jenis hewan yang sangat ditakuti karena bisa-nya yang beracun dan mematikan. Ada dua jenis bisa ular, jenis pertama adalah bisa yang mampu melumpuhkan sistem pernapasan dan merusak otak. Sedangkan jenis kedua adalah bisa yang merusak sel-sel sehingga darah menggumpal dan mengakibatkan kematian.

ular

Proses pengambilan darah ular – Ist/Tribunnews.com

Di dalam bisa ular terdapat juga enzim yang berbeda-beda tergantung jenis ular tersebut. Salah satu enzim pada bisa ular yang bisa menyebabkan jaringan kulit serta otot korban mati dengan cepat adalah proteinase tetapi menurut peneliti Australia dalam dosis tertentu enzim ini bisa mengobati kanker. Sedangkan Cholin esterase adalah enzim yang menyerang sistem saraf dan membuat otot menjadi kendur. Enzim ini juga biasanya bisa dipakai untuk mencegah serangan jantung/stroke.

Tetapi taukah kalian bahwa selain mempunyai bisa yang mematikan, ular juga mempunyai organ yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu empedu ular. Empedu sendiri berasal dari kumpulan racun yang sudah dibekukan. Empedu ular ini banyak digunakan oleh sinse atau orang chinese untuk meredakan penyakit panas dalam, infeksi-infeksi dari luka, juga untuk menyembuhkan penyakit tipes.

Selain tiga manfaat tersebut, empedu ular juga berkhasiat untuk membuat kulit dan paru-paru menjadi bagus, serta membuat jantung menjadi kuat. Di Indonesia sendiri manfaat empedu ular sebagai pengobatan lebih dipercaya karena pengalaman orang-orang tetapi belum ada penelitian yang jelas mengenai manfaat organ ular.

Tidak hanya empedu ular saja yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, darah ular juga dipercaya mempunyai khasiat untuk pengobatan dan juga menambah stamina. Tidak jarang banyak pengobatan alternatif yang menggunakan darah dan empedu ular sebagai pengobatan juga banyak warung-warung jamu khusus yang menjual darah ular sebagai campuran minuman jamu.

Meskipun demikian, Anda tidak boleh begitu saja langsung menkonsumsi organ ular tersebut. Anda tetap butuh bantuan para ahli yang memang sudah terbiasa mengolah ular untuk dijadikan obat. Jadi jangan sekali-kali menkonsumsi organ ular tanpa tahu cara mengolahnya.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda! Sekian dan terimakasih.

Penulis: Jivani Robely

Comment di sini