Manfaat Vitamin K bagi Tubuh

by
December 16th, 2014 at 4:10 pm

CiriCara.com – Manfaat vitamin K mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin K mempunyai karakter yang tahan panas tetapi akan segera rusak apabila bertemu dengan senyawa asam, basa serta sinar matahari.

vitamin k

Makanan mengandung vitamin K – Ist

Sifat yang lain bahwa vitamin K ini berbeda dengan vitamin A, vitamin D, atau vitamin E karena vitamin K ini tidak bisa larut dalam air, akan tetapi vitamin K hanya dapat larut dalam lemak dan bagian jaringan perut dalam tubuh kita. Vitamin K sangat dibutuhkan oleh kita dan berfungsi untuk mengaktivasi protrombin dengan karboksilasi gugus Glu pada residu protein.

Manfaat vitamin K bagi tubuh dalam hal penyerapan kalsium yang dihasilkan dari makanan yang kita makan, seperti halnya vitamin B. Vitamin K mempunyai karakteristik yang sama dengan vitamin B, sehingga dapat dikatakan bahwa vitamin K membantu penyerapan kalsium yang berasal dari makanan tadi.

Banyak manfaat vitamin K bagi kita, di antaranya adalah:

  • Berfungsi untuk pembekuan darah. Vitamin K ini membantu dalam proses produksi prothrombin adalah suatu protein plasma yang diproduksi pada hati yang diubah menjadi thrombin yang berfungsi dalam pembekuan darah, sehingga apabila kita kekurangan vitamin K, mengakibatkan luka.
  • Mencegah resiko penyakit kerapuhan tulang. Vitamin K ini berperan dalam senyawa osteokalsin yang berfungsi untuk menyerapkan mineral dalam pembentukan struktur mineral yang amat kuat, sehingga diharapkan dapat menurunkan resiko terkena kerapuhan tulang yaitu kondisi dimana tulang menjadi terasa lemah dan rapuh, tulang rapuh biasa dihinggapi pada lansia yang sering terjangkiti tulang rapuh ini. Sehingga agar para ibu-ibu kita yang sudah lanjut atau lansia diharuskan mengkonsumsi vitamin K agar tulang tidak keropos.
  • Dapat mencegah kalsium berlebih. Bila kedapati kalsium berlebih sehingga terjadi penumpukan kalsium pada tubuh kita atau yang disebut dengan kalsifikasi. Fungsi vitamin K ini untuk mencegah terjadinya kalsifikasi sehingga  akan terhindar dari penyakit kardiovaskuler.
  • Mampu mengobati diabetes. Maraknya diabetes akhir-akhir ini, mungkin karena sesuatu hal, diantaranya adalah kekurangan vitamin K, seperti yang sudah dipaparkan tadi bahwa vitamin K tidak mudah larut dalam air, tetapi hanya larut di dalam jaringan lemak dan dominan dibagian jaringan perut hal ini dapat mengurangi resiko resistensi insulin sehingga vitamin K ini membantu melawan diabetes, disamping itu vitamin K ini juga bisa memperlambat proses pembentukan sel-sel kanker terutama pada hati dan juga paru-paru.

Penulis: MasArif

Comment di sini