10 Tips untuk Merencanakan Kesuksesan Karier

by
December 17th, 2014 at 9:47 am

CiriCara.com – KARIER…? Apa sih sebenarnya karir ini..? Pentingkah? Bagaimana? Mungkin ini menjadi beberapa pertanyaan dari Anda kepada teman-teman Anda mengenai “karier”. Karir merupakan rangkaian pengembangan dari pengalaman kerja Anda dari waktu ke waktu.

Sukses! - Ist

Sukses! – Ist

Dalam definisi tersebut karir melibatkan pengalaman kerja individu. Pengalaman kerja individu merupakan proses belajar bagi Anda untuk bisa lebih berkembang. Sehingga, Anda bisa lebih mengetahui bagaimana proses-proses yang bisa membantu pengembangan diri.

Definisi di atas mengungkapkan bahwa perkembangan karir itu sendiri berjalan dari waktu ke waktu bukan pada satu waktu. Akan tetapi dalam hal waktu, Nindy ingin menambahkan bahwa dari waktu ke waktu seharusnya tidak konstan berada pada satu kondisi akan tetapi perlu adanya perubahan dan pergerakan berbeda. Maka dari itu, jika Anda ingi tetap konstan dan selalu merasa nyaman dengan apa yang Anda sedang kerjakan saat ini maka hal itu akan menghambat Anda untuk belajar dan berkembang.

Proses berkembang itu sendiri mengikuti perkembangan apa yang sedang terjadi dan terkini serta Anda turut terlibat di dalamnya agar bisa terus maju.
 Untuk itu, diperlukan adanya perencanaan karier agar Anda bias mencapai puncak kesuksesan dalam berkarier.

Merencanakan karier bukanlah hal yag sulit. Yang terpenting Anda mengetahui apa yang menjadi tujuannya. Berfokus pada tujuan tersebut serta melakukan kiat-kiat jitu untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Tidak ada kata terlalu cepat atau pun terlalu telat untuk memulai perencanaan karir.

Berikut 10 tips untuk membantu Anda merencanakan karier yang sukses.

1. Buat Perencanaan

Jadikan perencanaan tersebut sebagai agenda rutin setiap tahunnya. Seperti berlibur ke luar negeri, pesta akhir tahun di Maldives yang menjadi agenda rutin Anda setiap tahunnya. Cobalah untuk melakukan agenda yang sama soal karir yang ingin Anda capai.Sediakan setidaknya satu hari dalam setahun, untuk memfokuskan harapan Anda soal karier di masa depan nanti.

Usahakan agar satu hari tersebut Anda bebas dari segala gangguan sehingga Anda dapat benar-benar fokus dan berpikir, apa yang ingin Anda capai dan apa yang ingin Anda lepaskan. Dengan cara ini Anda akan menjadi lebih terarah dan siap menghadapi kesulitan yang akan Anda temui dalam perjalanan menunu puncak karier Anda.

Comment di sini