10 Tips untuk Merencanakan Kesuksesan Karier

by
December 17th, 2014 at 9:47 am
Cara menjaga kesuksesan karier Anda - Ist

Cara menjaga kesuksesan karier Anda – Ist

6. Mencari Celah Lain

Kebanyakan orang merasa tercebak dengan pekerjaan mereka, sehingga merasa tidak adanya jalur karier lain bagi mereka. Setiap manusia memiliki keahliannya sendiri dan setiap pekerjaan pun membutuhkan keahlian tersendiri, sehingga sebaiknya Anda mengkategorisasikan apa yang menjadi keunggulan Anda. Jangan hanya terfokus dengan definisi pekerjaan Anda dibagian pekerjaan yang sedang Anda geluti saat ini. Sebaiknya selami lebih dalam apa yang menjadi pekerjaan Anda saat ini, siapa tahu keahlian baru yang Anda dapatkan bisa diaplikasikan untuk pekerjaan lain.

7. Perhatikan Tren di Masa Depan

Tak hanya tren pakain, tas, make up dan sepatu yang menjadi perhatian Anda. Pekerjaan yang sedang naik daun saat ini, bisa saja tenggelam beberapa tahun lagi. Maka sangat penting bagi Anda untuk mengamati tren karier di masa depan, terutama bidang yang menarik perhatian Anda. Setiap orang sebenarnya punya peluang di masa depan. Jadi jika pekerjaan Anda kurang berprospek cerah, namun Anda memiliki keahlian yang tinggi dan tahu cara menjual diri, maka Anda akan menemukan pekerjaan baru. Hal ini juga bisa menjadi acuan bagi Anda, untuk meningkatkan keahlian yang ingin Anda tingkatkan.

8. Tentukan Tujuan

Untuk mencapai apa yang Anda inginkan, tentunya harus memiliki tujuan. Bisakah Anda sukses jika tidak ada tujuan? Dan bisakah Anda lebih sukses jika memiliki tujuan? Jawabannya sangat bisa. Komponen penting dalam mencapai sukses perencanaan karier adalah membuat tujuan. Anda bias membagi dua tujuan Anda dengan tujuan jangka pendek, yaitu tujuan yang ingin dicapai di tahun Anda memulai perencanaan karier dan jangka panjang merupakan tujuan hingga beberapa tahun kedepan.

9. Menambah Ilmu

Perencanaan karier dapat membuat Anda menemukan hal-hal baru yang sebelumnya Anda belum pernah ketahui. Dalam proses ini Anda akan banyak mempelajari hal baru. Kedegarannya klise, namun ilmu pengetahuan memang dapat mengarahkan Anda menuju kesuksesan. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk belajar sebagi pribadi maupun karyawan.

10. Telusuri Kesempatan Karier di Masa Depan

Hal yang paling menyenangkan saat perencanaan karier adalah menggambarkan siapa diri Anda di masa depan. Seperti apa Anda di masa depan? Dimanakah Anda 5 tahun mendatang? Ramuan kunci untuk berkembang membutuhkan beberapa skenario agar Anda berjalan di jalur yang tepat. Lihat bidang dan pengalaman kerja Anda, namun sekali lagi, jangan takut untuk melihat kemungkinan peluang karier lainnya.

Perencanaan ini memiliki banyak keuntungan untuk kesuksesan karier Anda, mulai dari menentukan arah, melakukan perubahan karier dan bahkan bisa meraih kebahagian dalam hidup berkat pencapaian karier Anda yang sukses. Jangan menunggu terlalu lama untuk membuat rencana karier Anda. Bergegaslah karena setelah membuatnya, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan dalam karier dan kehidupan.

Penulis: Evi Frisnawaty Aruan

Comment di sini