7 Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

by
December 17th, 2014 at 4:53 pm

CiriCara.com – Dengan tajamnya persaingan saat ini dan dinamika ekonomi yang tak terduga, membuat kita harus mempersiapkan diri dalam wawancara kerja secara menyeluruh. Tidaklah cukup hanya dengan membuat kontak mata, menjabat tangan, menggangguk sopan dan membuat surat lamaran yang baik, ada hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam wawancara kerja.

cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, fresh graduate, cara mendapatkan kerja untuk yang baru lulus, cara mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate

Wawancara kerja – Ist

Hal lain tersebut adalah dengan mencari dan mempelajari latar belakang perusahaan, dan di saat wawancara berlangsung kita harus dapat menunjukan kesan percaya diri serta mampu menjawab pertanyaan sulit di saat itu juga tanpa keraguan.
Namun tidak seorangpun dapat menerka apa yang akan ditanyakan saat wawancara terjadi, mungkin kita dapat mempersiapkan diri dengan jawaban-jawaban untuk pertanyaan yang umumnya ditanyakan saat wawancara.

Dan inilah 7 pertanyaan yang dapat Anda pertimbangkan dan jawaban yang dapat membantu Anda:

- Ceritakan tentang diri Anda

Pada pertanyaan ini, pewawancara tidak benar-benar ingin mengetahui mengenai kapan Anda lahir, bagaimana masa kecil Anda, ataupun kehidupan pribadi Anda, yang mereka ingin dapatkan dari pertanyaan ini adalah apakah Anda orang yang tepat untuk perusahaan, dan bagaimana pengalaman pekerjaan Anda. Anda dapat menjawab dengan memberi tahu mengenai latar belakang pendidikan, atau keikutsertaan Anda dalam organisasi atau tim, apapun yang mungkin menjadi poin penting bagi perusahaan ini.

- Kenapa kami harus memperkerjakan Anda?

Biarpun mungkin ada beberapa antrian pelamar lain di luar ruangan, jangan enggan untuk menjawab dengan jawaban yang panjang karena Anda harus terlihat percaya diri, tenang, dan mampu menjawab pertanyaan ini. Ceritakan bagaimana pengalaman Anda telah mempersiapkan Anda untuk pekerjaan ini. Pertegas kualitas yang mungkin perusahaan cari, seperti sikap dan etika Anda dalam bekerja serta bagaimana Anda adalah orang cepat tanggap.

- Apa karakter terburuk Anda?

Beberapa HRD menyarankan untuk menjelaskan nilai jual Anda sebagai salah satu karakter terburuk Anda seperti “saya adalah orang yang perfeksionis” atau “banyak orang mengatakan saya bekerja terlalu keras” namun jawaban-jawaban tersebut terdengar biasa. Setelah menjawab seperti contoh-contoh tersebut baru Anda dapat menyebutkan beberapa kelemahan kecil dari diri Anda.

- Kenapa Anda keluar dari pekerjaan sebelumnya?

Jangan pernah menaruh rekan kerja ataupun atasan Anda dalam posisi negatif, jangan menaruh kesalahan pada mereka sebagai penyebab Anda berhenti. Berikan alasan yang baik, seperti Anda berhenti bekerja pada perusahaan sebelumnya karena ada kesempatan kerja di tempat lain yang lebih cocok dengan keahlian Anda.

- Masalah apa yang Anda miliki dalam hidup, dan bagaimana Anda menyelesaikannya?

Siapkan jawaban singkat yang menunjukan Anda keluarga yang berkecukupan seperti “saya ingin masuk kuliah swasta namun orang tua saya tidak memiliki cukup uang, oleh karena itu saya masuk universitas negeri sambil bekerja paruh waktu agar dapat melanjutkan pendidikan di universitas swasta”.

- Adakah kesulitan dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja dan atasan Anda?

Anda harus menjawab pertanyaan ini dengan singkat dan jelas seperti “tidak ada masalah, saya selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitar saya”.

- Berapa gaji yang Anda inginkan untuk pekerjaan ini?

Dibanding menyatakn jumlah tepat yang Anda bayangkan, lebih baik mengatakan bahwa Anda mengharapkan gaji yang sesuai dengan posisi pekerjaan Anda.

Dan itulah 7 pertanyaan interview dan jawaban yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menjawab. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mendapat pekerjaan dengan lebih mudah.

Penulis: Natalia

Comment di sini