Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

by
December 17th, 2014 at 4:16 pm

CiriCara.com – Membahas tentang manfaat vitamin memang tidak ada habisnya, karena kemanfaatan jenis-jenis vitamin sangat berguna bagi tubuh kita. Begitupula dengan manfaat vitamin B1 atau bahasa kimianya disebut dengan Thiamine. Thiamine ini merupakan nutrisi yang sangat penting dikonsumsi oleh manusia, sekaligus juga mempunyai peranan dalam menjaga kesehatan jantung karena vitamin B1 ini merupakan vitamin yang sangat mudah larut dalam air seperti halnya vitamin A, D dan E.

b1

Vitamin B1 – Ist

Dalam tubuh vitamin B1, vitamin ini dikenal sebagai vitamin penambah energi yang paling sesuai dan baik, karena sifat vitamin B1 ini mempunyai peranan dalam tubuh untuk membantu menkonversi karbohidrat menjadi glukosa sehingga menghasilkan produk energi, vitamin B1 dalam reaksi kimia pada tubuh manusia, menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi lancar tanpa gangguan. Sebagian dokter dan ahli gizi menyarankan agar mencukupi asupan vitamin B1 sehari-hari, selain sebagai bahan penghasil energi ternyata manfaat vitamin B1 ini dapat mengoptimalkan kerja otak.

Adapun manfaat vitamin B1 bagi kesehatan untuk tubuh, seperti:

  • Pencegahan penyakit jantung. Vitamin B1 dapat mencegah penyakit jantung karena dalam tubuh vitamin ini memproduksi neurotansmiter acetylcholine yang sering digunakan sebagai media pesan antar syaraf dan otot untuk memantau kinerja jantung agar baik dan lebih sempurna, sehingga apabila kita kekurangan vitamin B1 dalam tubuh yang terjadi adalah gangguan yang serius pada jantung kita. Dalam penelitian disebutkan apabila sistem kinerja jantung terganggu dan ingin normal kembali maka disarankan untuk mengkonsumsi nutrisi Vitamin B1 selama tujuh hari.
  • Pencegahan penyakit beri-beri. Ciri-ciri dari gejala penyakit beri-beri adalah gangguan sistem pencernaan kurang normal, merasa lemas dan lemah, kekurangan asupan darah, nafsu makan berkurang. Penyakit beri-beri ini terjadi apabila kita kekurangan darah karena penyakit ini menyerang saraf sehingga terganggunya sistem motorik seseorang. Dengan asupan vitamin B1 yang mencukupi sehingga penyakit beri-beri tidak terkena pada tubuh kita.
  • Optimalisasi kerja otak. Agar otak kita optimal dalam kerja maka wajib mengkonsumsi vitamin B1. Untuk diketahui bersama bahwa otak kita agar lebih optimal dan telat mikir dibutuhkan beberapa hal, seperti untuk otak pria sekitar 1,1 miligram, 1,2 miligram untuk wanita hamil, dan 1,4 miligram untuk wanita menyusui, atau bisa disebutkan bahwa vitamin B1 bisa dikonsumsi dari 50 miligram sampai 1000 miligram, dan tidak ada efek sampingnya bagi tubuh kita. Sungguh enak kan ?

Apabila kita kesulitan dalam mencari vitamin B1, kita bisa menemukan vitamin B1 secara alami seperti pada sayuran. Sayuran yang mengandung vitamin B1 seperti, sayur asparagus, sayur bayam, sayur terong, sayur paprika dan sayur brokoli. Sedangkan yang terdapat pada buah-buahan seperti, buah nanas, buah jeruk, buah anggur dan buah semangka. Namun demikian vitamin B1 dapat kita jumpai pada daging ikan, telur, sereal dan gandum.

Demikianlah manfaat vitamin B1 bagi tubuh kita, akan tetapi apabila mengkonsumsi vitamin B1 jangan sampai terlalu kekurangan atau berlebihan tetapi secukupnya atau menurut dokter pribadi kita. Selamat mencoba.

Penulis: MasArif

*Duh! Masa nulisnya itu-itu terus? Mana nih tips kecan or tips keluarganya? Kamu punya? Kirim ke Jadi Kontributor CiriCara.com
.

Comment di sini