Yang Boleh & Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendidik Anak

by
December 17th, 2014 at 10:19 am

CiriCara.com – Kebanyakan orang tua selalu salah paham dalam mendidik anaknya yang mengakibatkan anaknya menjadi suka melawan dan tidak menghargai apa yang seharusnya dihargai anak pada umumnya. Di sini, kita sebagai orang tua seharusnya memiliki sikap atau cara didik yang memang akan mendasar pada umumnya agar anak bisa tumbuh dengan baik dan disiplin seperti apa yang kita inginkan sebagai orang tua.

mendidik anak

Mendidik si kecil – Ist

Pada dasarnya karakteristik anak itu, bagaimana orang tua memperlakukan anak akan menjadi ‘cerminan’ bagi anak apakah dia akan tumbuh dengan sikap yang baik atau anak yang selalu membantah dan melakukan hal tidak seharusnya pada umumnya anak itu lakukan. Karenanya, para orang tua perlu tahu cara mendidik anak yang benar.

Kebanyakan orang tua selalu memarahi dengan kalimat kasar bahkan, bisa sampai memukul anak. Itu malah membuat anak semakin dendam dan membuat anak trauma dengan sikap orang tua yang seperti itu. Secara tidak langsung membuat anak semakin berani melakukan hal yang tidak baik, bahkan menjadi kurang ajar.

Kita sebagai orang tua seharusnya mengambil tindakan yaitu, dengan cara sudah menanamkan cara berpikir kepada anak dengan hal yang positif dan lebih banyak diberi tau. Bukan dengan kekerasan melainkan dengan cara memberikan contoh jika salah biar kan salah, biarkan dia belajar dari kesalahan tersebut agar tidak diulang lagi.

Dan jangan terlalu lama anak ditinggal dengan suster (pembantu/pengurus anak) karena membuat anak ketergantungan dengan semua hal, ingat selalu mengajarkan cara yang akan dibawanya sampai besar seperti halnya; cuci tangan dan berdoa sebelum makan, taruh piring kotor ke dapur. Hal-hal seperti itu kelak akan sangat berguna buat anak. Mungkin terdengar biasa saja tapi ini akan sangat menjadi kebiasaan yang baik apabila sudah kita tanamkan sikap dan perilaku tersebut.

Karena orang tua itu harus memiliki peraturan dalam hal apa yang boleh anak itu lakukan dan apa yang tidak boleh. Apabila orang tua sudah bisa paham bahkan mengerti kemauan anak, saya rasa sudah sepantasnya anak itu tumbuh menjadi dewasa yang baik.

Pahami si anak dengan baik selagi ia masih kecil dan memang butuh banyak perhatian dari orang tua, itu sudah seharusnya menjadi tolak ukur sebagai orang tua. Karena kesibukan kita dan tidak pedulinya kita sebagai orang tua akan membuat kita menyesal. Karena apa yang kita harapkan tidak sesuai. Untuk itu, lakukan yang terbaik buat anak agar menjadi yang terbaik, apabila semua dilakukan dengan baik saya rasa sudah sepantasnya anak tersebut tumbuh bahagia.

Penulis: Karina Darta

Comment di sini