5 Manfaat Garam Untuk Kecantikan

by
December 18th, 2014 at 2:44 pm

CiriCara.com – Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa garam digunakan untuk penyedap makanan atau masakan. Namun, selain digunakan untuk penyedap makanan, garam ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai produk kecantikan dan perawatan tubuh lho.

garam

Garam – Ist

Penasaran dengan kegunaan garam yang lainnya? Berikut adalah beberapa manfaat dari garam selain untuk memasak atau penyedap makanan:

1. Menghilangkan ketombe

Garam sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Caranya pijat kulit kepala menggunakan garam secara perlahan dan biarkan selama kira-kira 10 menit, lalu bilas dengan air sampai tidak ada garam yang tertinggal. Agar maksimal, bersihkan kulit kepala dengan menggunakan sampo setelahnya.

2. Mengangkat sel kulit mati

Kandungan Exfoliant alami pada garam berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan mengangkat kulit kering. Campurkan segenggam garam dengan sebaskom air hangat. Rendam kaki kita sambil menyikat halus kaki untuk menghilangkan kulit kering dan sel kulit mati. Bersihkan lalu keringkan. Dengan hilangnya sel kulit mati, maka kulit kita akan jadi nampak cerah dan lebih muda.

3. Menghilangkan jerawat

Campurkan garam dengan sebaskom air hangat dan rendam kapas ke dalamnya. Cuci muka kita dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah dan tempelkan kapas yang sudah direndam dalam air garam tadi ke wajah kita. Lakukan berulang-ulang hingga larutan garamnya tidak terasa hangat lagi dan bersihkan wajah kita dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah.

4. Menyembuhkan sariawan

Siapkan satu sendok teh garam dan larutkan dalam segelas air hangat. Kandungan air garam dapat menarik luka sariawan. Kumur-kumur menggunakan larutan air garam tersebut selama beberapa menit lalu buang. Cara ini sudah lama diterapkan sejak jaman dulu. Tertarik untuk mencoba?

5. Menghilangkan kantung mata

Larutkan satu setengah sendok teh garam dalam setengah liter air dan celupkan kapas selama beberapa saat. Ambil kapas yang sudah direndam dan tempelkan pada kantung mata. Cara ini dipercaya bisa menghilangkan masalah kantung pada mata.

Demikian beberapa manfaat garam untuk perawatan tubuh dan kecantikan kita. Hal di atas bisa dilakukan terus menerus karena tidak akan mengakibatkan efek samping. Semoga bermanfaat!

Penulis: Sherly

*Punya tips/cara/ciri seputar Natal dan Tahun Baru? Yuks, kirim artikel kamu ke Jadi Kontributor CiriCara.com. Minimal 300 kata, nggak boleh copy paste, dan pastiin belum pernah kamu posting di media lain ya…

Comment di sini