Cara Mencegah Kanker Payudara

by
December 18th, 2014 at 10:14 am

CiriCara.com – Kanker payudara merupakan penyebab kematian yang kedua kepada wanita setelah kanker serviks atau leher rahim. Apa itu kanker payudara? Kanker payudara adalah keganasan sel sel yang terdapat pada jaringan payudara yang bisa berasal dari komponen kelenjar nya maupun komponen selain kelenjar seperti pembuluh darah, persarafan jaringan payudara atau jaringan lemak.

kanker payudara

kanker payudara – Ist

Untuk saat ini, mendeteksi adanya kanker payudara itu tidak segampang mendeteksi kanker rahim, karena sel sel kanker yang di payudara itu lebih sering mengumpat dan membuat nya untuk sangat lama diketahui. Bagaimana cara kita bisa mengetahui gejala-gejala kanker payudara?

Yang pertama, sebagai seorang wanita, kita harus rajin memeriksa payudara kita setidaknya tiga kali seminggu. Bagaimana caranya? Tidak usah repot repot untuk ke dokter dahulu, cukup dengan memeriksa payudara kita sebelum dan sesudah menstruasi dengan cara berdiri tegak menghadap kaca atau bisa juga dilakukan ketika sedang berbaring. Kemudian angkat salah satu tangan Anda ke atas dan mulai lah memijat atau meraba bagian payudara. Jangan lupa untuk memperhatikan bentuk dan tekstur payudara Anda.

Jika anda merasakan adanya benjolan di daerah payudara Anda, jangan panik dahulu, karena belum tentu itu adalah kanker payudara. Kelenjar itu bisa saja merupakan kelenjar payudara yang normal. Namun, apabila ketika Anda sering kali menemukan benjolan itu atau benjolan sudah permanen, dan melihat bahwa payudara Anda ada perubahan yang sangat besar, harap untuk lebih perhatian ketika memeriksa payudara Anda. Periksa apabila terjadi penebalan kulit di sekitar ketiak atau pada kulit payudara, perubahan ukuran dan bentuk payudara, kulit payudara berkerut atau dari payudara mengeluarkan cairan putih dan darah. Apabila semua itu Anda jumpai, segeralah periksa ke dokter Onkologi terdekat Anda.

Sebenernya, sel kanker ada di dalam tubuh manusia, mereka akan bersembunyi dan tidak akan aktif kalau kita menjaga kesehatan. Bagaimana cara mencegah kanker payudara sebelum terlambat? Jawaban nya sangat mudah, hidari makanan yang mengandung “4P” yaitu: Pewarna, Pengawet, Pemanis buatan, dan Penyedap.

1. Pewarna: Ada dua jenis pewarna makanan yang sering kali dipakai oleh kita ketika sedang masak agar makanan kita lebih menarik dan indah: Pewarna makanan alamai (food colour) dan Pewarna sintetis (non food colour). Pewarna makanan ini mengandung zat-zat kimia yang bisa menyebabkan segala macam kanker. Bisa ditemukan di makanan seperti kue bolu yang warna warni atau berbagai macam sirup.

2. Pengawet: Bisa ditemukan di semua makanan olahan seperti sosis, daging kornet dan chicken nugget.

3. Pemanis Buatan: Lebih berbahaya daripada gula biasa jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Soft drink dan minuman penyegar suka mengandung pemanis buatan agar harga nya bisa murah.

4. Penyedap: Ajinomoto, bumbu Sasa dan Maggie memiliki kandungan MSG yang sangat besar. Saking besar nya bisa menyebabkan pusing seketika, bayangkan jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG seperti Bakso dan mie ayam setiap hari, berapa banyak sel sel kanker yang sudah mulai aktif karena itu?

Kita bisa mencegah adanya kanker payudara dengan cara mulai merubah pola hidup kita. Mulai memakan buah-buahan dan sayuran yang banyak, berolahraga dengan teratur dan juga tidur yang cukup.

Penulis: Anziela Paramitha

Comment di sini