Cara Mengurangi Resiko Cedera saat Berolahraga

by
December 18th, 2014 at 8:48 am

CiriCara.com – Olahraga merupakan kegiatan yang sejatinya paling penting terutama untuk kita, manusia. Banyaknya aktifitas sehari-hari, harusnya diimbangi juga dengan berolahraga. Olahraga yang ringan maupun yang berat, itu sah-sah saja. Namun, banyak orang yang saking semangatnya berolahraga malah membuat tubuh atau bahkan anggota geraknya mengalami cedera.

olahraga

Olahraga lari – Ist

Lalu gimana dong cara menghindari cedera saat olahraga? Tenang, kali ini kita akan ngasih kamu “Cara Mengurangi Resiko Cedera saat Berolahraga”. Semoga bermanfaat untuk kamu yang hobi atau senang berolahraga ya, selamat membaca:

1. Lakukan Pemanasan

Pemanasan, merupakan langkah atau cara pertama yang penting dilakukan sebelum memulai olahraga. Alasan dilakukannya pemanasan yaitu untuk membantu tubuh beradaptasi dengan segala macam gerakan yang akan dilakukan saat olahraga, cukup dengan 5-10 menit saja. Dimulai dengan pemanasan yang paling ringan, yaitu jalan kaki. Sedikit berjalan-jalan disekitar lingkungan tempatmu berolahraga dapat membuat otot serta sendi tulang kamu menjadi lebih kuat dan siap digunakan saat berolahraga.

2. Sepatu olahraga yang tepat

Menggunakan sepatu olahraga yang tepat dan nyaman tentunya merupakan faktor penting saat akan melakukan olahraga. Jangan asal memilih sepatu olahraga, dan jangan pula tergiur dengan model atau harga yang ditawarkan produsen dari berbagai merk sepatu di pasaran. Salah-salah memilih sepatu, maka fatal akibatnya, kaki kamu bisa saja lecet dan masih banyak hal buruk lainnya deh.

3. Jangan berlebihan

Olahraga yang berlebih justru akan membuat badan kamu sakit bahkan cedera lho. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bukan? Maka dari itu, berolahragalah sesuai dengan kemampuan tubuh kamu ya.

4. Istirahat

Beristirahat sejenak setelah melakukan olahraga juga merupakan hal penting untuk mengurangi resiko cedera saat berolahraga. Jangan lupa untuk meluruskan kaki kamu saat setelah selesai berolahraga, agar kamu tidak mengalami varises.

5.Minum air

Cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh kamu, terutama saat kamu berolahraga. Kekurangan cairan pasti akan membuat kamu dehidrasi, cukupilah minimal 2 liter per hari, agar tubuh kamu terhidrasi.

Nah, itu tadi beberapa “Cara mengurangi resiko cedera saat berolahraga”, mudah bukan? Maka mulailah untuk rutin berolahraga dari sekarang ya, dan jangan lupa untuk mencoba cara-cara di atas. Selamat mencoba ^^

Penulis: Dewihastuti

Comment di sini