4 Langkah Aman Bersepeda

by
December 19th, 2014 at 8:40 am

CiriCara.com – Bersepeda merupakan salah satu aktifitas dan jenis olahraga yang menyenangkan bila dikerjakan baik sendiri maupun bersama teman, keluarga atau orang tersayang *cie. Selain bermanfaat bagi tubuh, bersepeda juga bermanfaat bagi lingkungan. Namun, banyaknya kendaraan bermotor di jalanan kini membuat pengendara sepeda semakin tesisihkan. Mau nggak mau pengendara sepeda di jalanan harus lebih berhati-hati lagi nih.

bersepeda

Bersepeda di jalan raya – Ist

Kali ini kita akan ngasih kamu “5 Langkah Aman Bersepeda” ya buat kamu yang hobi bersepeda hmm.. buat yang nggak hobi juga boleh baca kok. Selamat membaca:

1. Cek Sepeda

Kondisi sepeda kamu mengambil andil penting dalam keamanan bersepeda kamu lho. Ada baiknya, sebelum kamu bersepeda, ceklah sepeda kamu dari bagian roda sampai stang sepeda kamu. Nggak lucu kan, kalau tiba-tiba rantai sepeda kamu lepas saat kamu berada di tengah jalanan kota?

2. Fokus

Fokus saat bersepeda itu penting. Jagalah agar kamu tetap dalam kondisi fokus saat bersepeda terutama saat kamu mulai bersepeda di jalanan yang ramai. Usahakan untuk tidak mendengarkan musik ketika sedang mengendarai sepeda ya.

3. Gunakan Tangan Sebagai Penanda

Penanda di sini, merupakan tanda sein yang digunakan jika kamu ingin berbelok ke kanan atau ke kiri. Jika sepeda kamu tidak memiliki lampu sein sebagai penanda, kamu wajib menggunakan tangan kamu sendiri. Jangan asal belok kanan atau kiri secara tiba-tiba ya, karena itu akan membuat pengendara kaget bahkan yang lebih parah yaitu terjadinya tabrakan lho.

4. Terlihat oleh Pengendara Lain

Pastikan keberadaan kamu di jalan dilihat oleh pengendara lainnya. Karena kalau kamu tak terlihat oleh pengendara lain kan bahaya akibatnya. Kamu bisa menggunakan pakaian yang berwarna cerah atau terang saat bersepeda di jalanan. Nah, jika sudah merasa terlihat oleh pengendara lain, kamu bisa nyaman bersepeda deh.

Itu tadi info dari kami tentang “4 Langkah Aman Bersepeda” yang penting banget kamu baca nih. Selain itu, kamu juga harus memakai pelindung badan seperti helm, sepatu, masker, atau pun jaket agar bisa terlindungi jika terjadi kecelakaan. Nah, sekian info dari kami. Ingat ya, keselamatan adalah yang nomer satu lho. Selamat mencoba, dan hati-hati yaa…

Penulis: Dewihastuti

Comment di sini