4 Tips Memaksimalkan Gerakan Pilates

by
December 19th, 2014 at 10:07 am

CiriCara.com – Gerakan Pilates adalah gerakan peregangang otot yang dilakukan untuk membangun kekuatan tubuh secara keseluruhan. Pilates juga menggabungkan latihan pernapasan sehingga bagus untuk menenangkan pikiran. Maka itu lebih baik lakukan latihan ini perlahan agar terasa manfaatnya.

gerakan pilates

Olahraga pilates – Ist

Gerakan Pilates juga ditekankan untuk membuat tubuh lebih seimbang. Caranya dengan fokus melatih otot inti (otot yang terdapat di panggul, punggung bawah, dan perut). Kalau otot-otot inti itu sudah kuat, maka postur tubuh kita jadi lebih baik, kita juga bisa terhindar dari nyeri punggung, badan pun juga terasa lebih ringan dan fleksibel.

Selain gerakan basic yang mudah diikuti, latihannya yang serba santai ini juga tidak menghasilkan terlalu banyak keringat. Ini dia tips-tips yang bisa kamu terapkan ketika melakukan Pilates:

1. Menambah Intensitas

Buat kita yang masih pemula, mungkin rasa capek dan pegalnya masih berasa banget setiap selesai latihan. Tetapi kalau sudah kuat dan mulai terbiasa, tidak ada salahnya kalau kita menambah intensitas. Saat latihan ditambah, pernapasan juga perlu diatur ulang agar sesuai dengan intensitas latihan. Tetap diperlakukan secara perlahan.

2. Variasi

Agar Pilates membakar kalori lebih efisien, ubah variasi latihan sehingga jenis otot yang dilatih pun berbeda-beda. Gunakan peralatan seperti bola latihan atau coba DVD Pilates yang tujuannya khusus untuk penurunan berat badan. Atau coba join dengan kelas Pilates di gym. Karena kelas Pilates yang ada di gym, biasanya lebih berat dan menggunakan banyak variasi.

3. Tambahkan Frekuensi

Melakukan Pilates lebih sering secara rutin tentu akan lebih membantu program penurunan berat badan. Tetapi harus displin dan lakukan latihan dengan cara yang benar. Jika tidak konsisten, maka hasil yang didapat pasti akan kurang maksimal.

4. Kombinasi

Mengkombinasikan latihan Pilates dengan beberapa jenis latihan kardio akan menjadi cara yang efektif untuk segera mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau mau efek yang lebih cepat, lakukan juga diet yang seimbang dan sehat. Jika dilakukan dengan serius, dijamin bentuk badan juga pasti akan berubah drastis sesuai dengan keinginan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melakukan olahraga Pilates? Selamat mencoba!

Penulis: Navella Maudina

Comment di sini