5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Kesedihan Putus Cinta

by
December 19th, 2014 at 3:33 pm

CiriCara.com – Siapa yang tak pernah mengalami masa-masa akan kesedihan setelah putus cinta dengan si Dia? Pada umumnya, setelah putus cinta, yang kita rasakan hanyalah kesedihan, kesendirian dan keterpurukan. Segalanya terlihat begitu kelam, seakan tiada cara keluar dari keadaan yang menyiksa jiwa dan batin ini.

cewek galau

Putus cinta – Ist

Tapi kita pantang putus asa, hidup tetap terus berjalan tanpa ada atau tiadanya si Dia. Untuk mengatasi kesedihan setelah putus cinta, berikut ada tips mudah dan ampuh yang bisa kamu coba dan terapkan di kehidupan sehari-hari. Berikut tipsnya dan selamat mencoba!

1. Hangout Rutin dengan Sahabat-mu

Hangout atau sekedar bertemu dengan sahabat, akan menjadi obat yang melupakan sejenak kesedihanmu akibat putus cinta dengan si Dia. Teman yang baik pasti akan menemani di saat kamu sangat membutuhkan mereka sebagai tempat curhat dan memberikan masukan yang baik. Saling bertukar pikiran atau having fun di tempat hangout favorite bersama para sahabat juga menjadi pilihan yang baik. Lakukan hal ini secara rutin agar perasaan “merasa sendirian” tidaklah seberat di awal putus cinta itu terjadi.

2. Bersyukur atas hal-hal kecil

Hal ini yang sering kali kita lupakan, bersyukur. Kita jarang bahkan lupa untuk bersyukur kepada Sang Pencipta atas apapun yang telah diberikan. Anugerah yang kita dapat kemarin, hari ini dan besok adalah suatu wujud bahwa Tuhan masih sayang terhadap hamba-Nya. Kita harus rajin bersyukur atas apapun yang telah kita peroleh hingga detik ini. Hal-hal kecil yang tidak kita sadari seperti anugerah sehat, anugerah bernafas dengan bebas, anugerah memiliki kehidupan yang baik dan hal-hal kecil yang tak nampak fisik. Kebiasaan bersyukur akan menjadikan kita manusia yang sejati dan jauh lebih merasa bahagia.

3. Jadi Diri Sendiri

Setiap manusia diciptakan dengan berbeda-beda watak, sifat dan kepribadian. Jadilah dirimu sendiri. Kamu adalah unik. Kamu adalah satu dari sejuta manusia yang ada di dunia. Kembangkan hal-hal positif yang ada dalam dirimu dan jadikan itu sebagai kelebihanmu yang tak dapat dimiliki oleh pribadi lainnya. Menjadi diri sendiri juga akan menambah inner beauty dan percaya diri yang menjadikanmu sebagai nilai plus atas kepribadian diri sendiri.

4. Mencari Kesibukan Baru

Kegiatan baru akan membantu kamu dalam mengatasi kesedihan yang melanda. Karena dengan kegiatan baru, kita menjadi punya semangat baru untuk melakukan kegiatan tersebut. Waktu yang kita punya menjadi lebih berharga dengan diisi kegiatan-kegiatan positif. Dibanding waktu yang kosong kita pergunakan untuk berlarut-larut dalam kesedihan semata. Mulailah dari ketertarikan atau hobi kamu untuk mencari kegiatan baru tersebut.

5. Belajar Membuka Hati

Rasanya memang sulit untuk move on dari si Dia. Tapi apakah akan terus seperti ini keadaannya? Tentu tidak. Ingat, hidup akan tetap terus berjalan dengan ada atau tiadanya si Dia. Cara yang paling ampuh kelima ialah kamu harus bertekad dan mau untuk belajar membuka hati kepada orang lain. Karena tidak selamanya kamu berada di dalam kesedihan dari putus cinta.

Kelak akan ada orang pengganti si Dia yang jauh lebih baik dan menyayangi dirimu apa adanya. Semuanya dimulai dari diri sendiri untuk belajar membuka hati terhadap orang lain yang peduli terhadap dirimu seutuhnya. Jangan pernah takut untuk mencoba. Karena jika kamu tidak mencobanya, kamu takkan tahu bagaimana caranya belajar dari proses pendewasaan diri.

Penulis: Navella Maudina

Comment di sini