7 Langkah Mudah Mani-Pedi Sendiri di Rumah

by
December 19th, 2014 at 4:00 pm

CiriCara.com – Perawatan kuku tangan atau biasa juga disebut manicure adalah suatu rutinitas yang digemari oleh wanita (kadang-kadang pria juga). Rutinitas perawatan kuku ini memberikan efek relaksasi dan juga mempercantik kuku kita. Namun terkadang melakukan manicure di salon khusus dapat membuat kantong bolong.

mani-pedi

Mani-Pedi sendiri di rumah – Ist

Kamu tau gak kalo misalnya mani-pedi itu bisa dilakukan sendiri di rumah, dan bisa juga dilakukan bareng temen-emen kamu. Buat kamu-kamu yang budgetnya terbatas dan suka mempercantik kuku, berikut ini ada 7 langkah mudah (dan murah pastinya) untuk mani-pedi sendiri di rumah.

Pertama-tama, berikut ini adalah hal-hal yang kamu butuhkan;
• Cairan pembersih kutek (aseton)
• Kikir kuku
• Buffing block
• Body scrub
• Stik kutikula
• Minyak kutikula
• Pelembab
• Base coat, kutek berwarna dan top coat

Nah selanjutnya, ini adalah langkah-langkah dalam melakukan mani-pedi:

1. Mulai dengan kuku yang bersih

Pastikan kuku tangan dan kakimu bersih dari kutek, bersihkan kukumu menggunakan aseton atau nail polish remover non-aseton yang bisa kamu dapatkan di toko obat. Kemudian mulailah bentuk kukumu menggunakan gunting kuku, atau kikir dan kemudian gunakan buffing block untuk memperhalus kukumu. Ada beberapa bentuk kuku yang dapat kamu coba yaitu almond, mountain peak, square, rounded, squarely rounded, dan oval.

Oval merupakan bentuk kuku paling standar dan tidak terlalu mencolok, kamu cukup membentuk kukumu sehingga terlihat seperti telur. Bentuk kuku oval memberikan kesan jari panjang sehingga cocok untuk kamu yang jarinya kurang panjang. Sedangkan bentuk kuku kotak (square) merupakan bentuk kuku yang paling populer, sangat fashionable. Untuk mendapatkan kuku berbentuk kotak kamu hanya perlu meletakkan alat kikirmu di posisi garis lurus kemudian mulai membentuk sehingga terlihat seperti kotak. Bentuk kuku kotak cocok untuk kamu yang jarinya panjang dan memiliki kuku yang lebar

2. Scrub

Setelah membentuk dan membersihkan kuku dari kutek, sekarang adalah saatnya untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang ada. Gunakan body scrub yang dijual di super market ataupun toko kecantikan, aplikasikan sedikit ke telapak dan punggung tangan serta kaki kemudian pijat-pijat perlahan. Kamu juga dapat membuat body scrub mu sendiri hanya dengan mencampurkan satu sendok makan gula dengan satu sendok makan baby oil. Scrubbing memberikan efek relaksasi dan juga dapat menghaluskan kulitmu karena proses scrubbing mengangkat sel-sel kulit mati yang ada. Bilas hingga bersih.

3. Melembabkan kulitmu

Setelah kamu mengangkat sel-sel kulit mati dari kulitmu, sekarang kamu harus mengembalikan kelembaban kulitmu. Gunakan alat manikur yang dijual di super market dan juga minyak kutikula atau hand cream untuk melembutkan dan mendorong kutikula mu. Ingat! Jangan pernah menggunting kutikula mu, karena itu dapat menyebabkan luka dan infeksi.

4. Jangan lupa base coat

Gunakan base coat untuk menjadi alas dari kutekmu. Basecoat berguna untuk menghaluskan permukaan kukumu sehingga kutekmu dapat terlihat lebih cantik dan rapih.

Comment di sini