Kebiasaan Negatif Remaja Akibat Media Sosial

by
December 19th, 2014 at 10:39 am

CiriCara.comMedia sosial memang sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi kehidupan kita khususnya remaja yang mungkin sebagian besar waktunya dipakai untuk mengontrol sosial media. Mungkin hanya untuk sekedar mengungkapkan status, posting foto, atau chatting bersama teman.

Sosial MediaNamun sadar atau tidak sadar, kehadiran sosial media juga ternyata memberikan beberapa efek negatif buat para remaja:

1. Buat Lupa Waktu

Hobi untuk bersosial media ria membuat sebagian remaja lupa waktu. Mereka terlalu sibuk dan bahagia dengan melakukan segala aktivitas yang tersedia di layanan media sosial. Bahkan beberapa dari mereka ada yang menghabiskan waktu lebih dari setengah hari untuk sekedar posting foto, chatting, update status, melihat postingan di sosial media dan laiinya. Hal ini ternyata berhubungan dengan mudahnya akses sosial media hanya dengan menggunakan gadget dan biaya internet yang tidak terlalu mahal atau pun fasilitas wifi gratis.

2. Mengganggu Aktivitas Belajar dan Bekerja

Terkadang saat melakukan aktivitas belajar atau bekerja, kita seringkali tidak fokus karena media sosial ini. Dering gadget saat menandakan ada aktivitas yang masuk dalam akun sosial media kita pun menarik perhatian kita untuk segera mengeceknya.

3. Terkadang Terkesan Selalu Ingin Pamer

Beberapa dari mereka yang melakukan aktivitas media sosial hanya bertujuan untuk memposting foto makanan, foto benda, update lokasi dan sebagainya. Mereka melakukan ini terkadang karena bangga dan ingin teman-teman di media sosial mereka tahu aktivitas yang sedang mereka lakukan.

4. Timbul Sikap Diri Sebagai Seorang “Stalker”

Terkadang kita tidak sadar dengan sikap ini. Kita jadi ingin mengetahui tentang aktivitas yang ada dari teman media sosial kita. Kita membuka akun media sosial teman kita hanya untuk mengetahui apa yang ia lakukan, kita jadi terkesan “kepo”.

5. Sindir dan Kritik Pedas di Media Sosial

Kalau kita sedang sebal dengan teman kita atau dengan orang lain dan tidak berani menumpahkannya secara langsung, seringkali malah menyindir lewat status. Terkadang sindir menyindir lewat status itu membuat masalah tambah sulit. Semua teman media sosial kita yang membaca postingan kita menjadi tahu tentang masalah kita.

Dari pemaparan di atas, di bagian manakah kamu yang pernah lakukan? Stay positive doing ya guys. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini