Ciri-ciri Calon Suami Ideal

by
December 23rd, 2014 at 10:34 am

CiriCara.comCalon suami ideal bagi seorang wanita adalah dambaannya, apalagi kadang-kadang wanita ingin mendapatkan yang “lebih dari”, misalnya tampan, mapan, dan mempunyai segalanya, tapi yang seperti ini ada banyak di luaran sana. Karena tampan, mapan dan mempunyai segalanya itu sulit dicari kalau toh ada, hanya sebagian kecil saja. Dan biasanya tipe-tipe seperti itu yang dicari oleh wanita-wanita yang “matre”.

menikah

Suami yang baik – Ist

Terkadang pria sering dipandang sebagai biang selingkuh (tragis memang), identik dengan sifat keras dan beberapa pandangan minor lainnya. Walaupun memang dan pada dasarnya sifat lelaki yang mudah tertarik dengan lawan jenis dan suka berperangai kasar, namun apabila sudah jatuh hati kepada seorang wanita sangat dimungkinkan akan berubah sifatnya (bukan sifat asli loh)

Setiap pasangan yang serius untuk menikah selalu mengharapkan rumah tangganya terjalin selamanya hingga punya anak cucu. Begitu besarnya harapan tersebut akan selektif untuk memilih calon pendampingnya nanti. Ada beberapa hal yang dapat menunjukkan apalah calon suami ini berkualitas atau tidak.

Penulis akan memberikan gambaran tentang cara memilih calon suami.

  1. Jujur. Sifat jujur merupakan sifat yang paling baik dan menjadi syarat mutlak dimiliki orang seseorang untuk dijadikan suami, meskipun pekerjaan hanya sebagai penulis, saat bersama calon istri. Dia harus menjadi orang yang paling jujur, tidak bohong dengan pekerjaanya itu.
  2. Always mendukung dan mau secara intens mendengarkan. Saling mendukung kedua belah pihak dalam suatu pernikahan adalah hal yang sangat penting, apa jadinya jika calon suami ternyata yang suka memberikan perintah dan mengekang keinginannya? (banyak kayaknya suami model begini, di luaran sana). Saling mendukung itu sangat penting, apalagi dalam kesusahan terlilit ekonomi misalnya, suami yang baik akan memberikan solusi-solusi atas masalah tersebut. Dalam hubungan keluarga pasangan yang sehat, mempunyai sifat saling mendengarkan keluh kesah dan menghargai pasangannya, apabila hanya satu pihak saja yang dihargai dan dibantu serta didengarkan, secara tidak langsung akan merasa tertindas (hindari itu)
  3. Menyenangkan. Karena wanita (istri) mempunyai sifat lemah, maka suaminya mempunyai sifat menyenangkan bila didekatnya jangan otoriter, sebab kalau suami bukan tipe yang menyenangkan, bagaimana pernikahan akan bertahan lama.
  4. Bekerja keras. Meskipun pasangan sama bekerja, namun lelaki atau calon suami harus bisa bertanggungjawab pada ekonomi keluarga. Karena suami yang tidak mempunyai keinginan untuk bekerja keras dan menghidupi keluarga tentu bisa berdampak buruk pada kelanggengan pernikahan serta masa depan anak-anaknya.
  5. Selalu menghargai orangtua. Sikap positif terhadap orangtua atau besan. Apabila mempunyai calon suami mempunyai sikap negatif terhadap orangtua, seperti membentak atau berterak-teriak seperti orang kesurupan. Waspadalah terhadap tipe lelaki seperti ini, bukan tidak mungkin akan berbuat hal yang sama pada pasangan (calon istri). Pastikan si dia bukan tipe yang suka main tangan, berbahaya nantinya bagi calon istri dan anak-anaknya kelak.
  6. Selalu mencintai pasangan apa adanya. Nah inilah yang menjadi trend sepanjang masa “mencintai apa-adanya” awalnya memang demikian, tetapi setelah menikah dan menjadi suami-istri, “apa adanya” ini adalah kekurangan dan kelebihan harus diterima dengan senang hati, bukan malah sebaliknya. Karena pacaran dengan menikah itu berbeda jauh seperti bumi dan langit, dari proses haram (pacaran) kemudian menikah (halal), selebihnya Anda merasakan sendiri yah.

Demikianlah seklumit dalam mengetahui ciri-ciri calon suami ideal sepanjang zaman, semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencari dan mengidamkan atau barangkali yang akan menikah.

Penulis: MasArif

Comment di sini