Ramuan Kecantikan Khas Indonesia

by
December 23rd, 2014 at 9:54 am

CiriCara.com – Saat ini sepertinya perempuan Indonesia lebih memilih mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan impor, namun sepertinya sekarang saatnya Anda berpikir ulang. Karena, beberapa ramuan tradisional asli dari negeri sendiri dan jauh dari bahan kimia berbahaya.

Beberapa ramuan berikut inilah yang menjadi senjata rahasia tampil cantik para perempuan Indonesia zaman dulu:

1. Jamu

ramuan jamu

Jamu – Ist

Dulu, jamu yang berasal dari keraton Yogyakarta dan Surakarta ini sebenarnya hanya milik warga istana. Ramuan jamu pun tergolong rahasia. Seiring perkembangan zaman, akhirnya orang keraton pun mulai mengajarkan membuat jamu pada masyarakat. Sekarang jamu bukan hanya terkenal di Indonesia namun juga sudah diekspor ke luar negeri.

Jamu sebenarnya terkenal sebgai obat-obatan tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti beras, kencur, temulawak atau tanaman-tanaman lainnya. Jamu ampuh membuat kita terlihat cantik. Misalnya saja, jamu kunci suruh yang terbuat dari rimpang kunci dan daun sirih bisa menghilangkan bau badan atau jamu pahitan yang terbuat dari sambiloto yang bisa mengilangkan jerawat.

2. Lulur

lulur

Luluran – Ist

Selain jamu, lulur juga adalah salah satu resep kecantikan yang berasal dari keraton. Tradisi luluran ini konon adalah hobi dari putri mangkunegaran, Solo. Lulur adalah ramuan yang dibuat dari bahan alami dan rempah-rempah seperti daun sirih, kunir putih, temulawak, akar wangi, temugiring dan butiran padi, atau buah-buahan. Lulur digunakan diseluruh tubuh dan dibiarkan untuk beberapa saat. Karena lulur sangat berguna untuk membuat kulit tetap sehat dan halus.

Comment di sini