5 Tempat Wajib untuk Dikunjungi di Sumatera Barat

by
December 24th, 2014 at 10:51 am

CiriCara.com – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di sebelah barat pulau Sumatra dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sumatera Barat yang dikenal memiliki beragam jenis makanan khas dan tempat wisata. Berikut ini akan kami sajikan beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi di Sumatera Barat.

1. Danau Maninjau

Danau maninjau

Danau Maninjau – Ist

Danau Maninjau merupakan tempat yang tepat untuk bersantai karena udara di danau maninjau masih sangat sejuk dan tanpa polusi. Hal ini dikarenakan letaknya yang jauh dari hiruk pikuk kota kehidupan kota. Selain itu juga lokasi Danau Maninjau masih terbilang asri dan pengunjung juga bisa menyewa perahu lalu berkeliling danau di sore hari dengan santai.

Perjalanan menuju Danau Maninjau bisa ditempuh melalui dua jalur darat. Pertama dari Barat yang dimulai dari Padang, melewati Pariaman menuju Lubuk Basung selama 1,5 jam. Dan jika dari timur maka akan melewati kota Bukittinggi. Hal yang menarik apabila menuju ke Danau Maninjau ialah jalanan yang berkelok-kelok sepanjang 10 km atau yang terkenal dengan nama Kelok 44. Jalan yang memiliki 44 belokan dengan jarak pendek dan tajam tersebut ditempuh sekitar 45 menit

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok – Ist

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota bukittinggi, di kecamatan IV KOTO, Kabupaten Agam. Ngarai Sianok yang dalam jurangnya sekitar 100 m ini, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m, dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang. Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau, yang dialiri sungai yang airnya jernih.

Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak . Rute yang ditempuh adalah dari nagari Lambah sampai jorong sitingkai nagari Palupuh selama kira-kira 3,5 jam. Di sekitarannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti bunga bangkai dan tumbuhan obat-obatan. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul dan tapir.

Comment di sini