6 Manfaat Omega 3 untuk Tubuh yang Sehat

by
December 24th, 2014 at 1:14 pm

CiriCara.com – Tubuh yang sehat secara fisik dan mental tentu merupakan faktor yang esensial dalam menunjang kualitas hidup seseorang. Untuk mewujudkan hal ini, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup serta dukungan berupa latihan fisik. Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi Omega 3 secara rutin dalam takaran yang tepat juga dapat membantu Anda mewujudkan tubuh sehat secara maksimal?

omega 3

Omega 3 – Ist

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang sangat diperlukan tubuh, namun tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Omega 3 dapat ditemukan antara lain pada ikan salmon, ikan tuna, ikan kod, telur, stroberi, brokoli, ataupun dikonsumsi langsung dalam bentuk pil minyak ikan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi Omega 3:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Omega 3 membantu fungsi jantung bekerja secara normal dan secara otomatis menghindarkan tubuh dari resiko penyakit jantung. Kandungan nutrisi dalam asam lemak omega 3 dapat menurunkan level kolesterol dalam tubuh dengan mengurangi kadar trigliserida maupun resiko pembekuan dalam darah, juga mengurangi kecenderungan denyut jantung yang tidak menentu.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Asupan Omega 3 yang cukup dapat menjaga kesehatan mata secara menyeluruh, membantu memproduksi kelenjar air mata, mengatasi masalah sindrom mata kering dan tekanan pada mata, serta mengurangi resiko penyakit mata seperti glaukoma.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak kita terdiri dari sel membran dalam jumlah yang besar. Sel tersebut juga terbentuk dari jenis lemak tertentu. Kandungan DHA dalam asam lemak Omega 3 membantu meningkatkan fungsi otak, daya berpikir dan daya ingat pada anak kecil maupun dewasa, untuk efek jangka panjangnya dapat menurunkan resiko penyakit demensia dan alzheimer pada lansia.

4. Mengurangi Resiko Depresi

Berbagai studi dan penelitian telah membuktikan bahwa Omega 3 dapat berperan efektif dalam mempertahankan mood, menghindarkan kecemasan dan mengurangi resiko depresi ringan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Asam lemak Omega 3 menutrisi, melembabkan dan meremajakan kulit dari dalam sehingga memberikan manfaat kulit tetap bersih dan mencerahkan rona kulit.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Dengan konsumsi Omega 3 secara rutin, folikel rambut akan ternutrisi lebih baik sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih sehat dan kuat, lembut serta berkilau.

Konsumsi Omega 3 yang cukup dan rutin memang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Cukup konsumsi dalam takaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda menurut ukuran aktivitas dan usia masing-masing.

Penulis : Franzeska Michelle

Comment di sini