7 Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut

by
December 24th, 2014 at 2:31 pm

CiriCara.com – Pernahkah kamu merasa kurang PD (percaya diri) ketika sedang berbicara dengan orang karena bau mulut? Hal ini tidak hanya menganggu orang lain tetapi juga diri kita sendiri. Bayangkan harus menutupi mulut setiap kali berbicara dengan orang, bagaimana kalau itu gebetan kamu? Sungguh memalukan bukan?

Cara mengatasi bau mulut / Ist.

Cara mengatasi bau mulut / Ist.

Apa saja sih penyebab bau mulut? Setiap orang pastinya bangun tidur dengan nafas yang kurang sedap, atau juga dikenal sebagai “morning breath”. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya bakteri di dalam mulut kita pada malam hari ketika tidur dan tidak adanya produksi saliva. “Morning breath” bisa dengan mudah bisa dihilangkan dengan melakukan ritual seperti menggosok gigi dan flossing. Tetapi bagaimana jika mulut tetap bau sepanjang hari?

Berikut ini adalah cara-cara untuk menghilangkan bau mulut:

1. Jaga kebersihan mulut

Kita harus rajin membersihkan mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari (pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur). Untuk hasil yang lebih manjur, disarankan untuk menggosok gigi setiap kali setelah makan. Jangan lupa untuk membersihkan lidah, karena partikel-partikel makanan banyak yang menempel di lidah kita. Jika lidah tidak dibersihkan, mulut kita otomatis menjadi bau akibat sisa-sisa makanan yang menumpuk.

2. Pastikan mulut tidak kering

Mulut yang kering adalah mulut yang bau. Maka dari itu, selalu pastikan mulut kita tidak kering dengan meminum air sepanjang hari, dan tidak hanya setelah makan. Selain agar nafas tidak bau, minum air ini juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada tubuh.  

3. Mengunyah permen karet

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mulut yang kering dan tidak ada saliva dapat menyebabkan bau mulut. Tapi apa hubungannya dengan mencegah bau mulut? Dengan mengunyah permen karet, produksi saliva akan terangsang dan membunuh bakteri di dalam mulut, dengan demikian mulut kita tidak akan bau.

4. Jangan lupa konsumsi buah-buahan

Bau mulut itu juga bisa disebabkan oleh sariawan; dan salah satu penyebab utama sariawan adalah kurangnya konsumsi buah-buahan. Maka itu, jangan lupa konsumsi buah-buahan (khususnya yang kaya akan vitamin C) setiap hari untuk mencegah timbulnya sariawan dan bau mulut. 

5. Jaga makanan

Hindarilah makanan yang berbau tajam seperti jengkol, pete, bawang, atau produk susu. Tapi jika tidak ada pilihan dan ingin meminimalisir efek bau mulut  tanpa harus menggosok gigi, segera minum air putih yang banyak setelah itu. 

6. Mengunyah daun-daun (herbs)

Ingin menghilangkan bau mulut secara alami? Coba mengunyah daun-daun seperti sayur parsley. Sayur parsley mampu membersihkan langit-langit dan menghilangkan bau mulut. Mengkonsumsi green tea atau teh herbal seperti peppermint juga dapat menghilangkan bau mulut.

7. Gunakan mouthwash non-alkohol

Menggunakan mouthwash adalah cara yang umum untuk menghilangkan bau mulut. Tapi perlu diingat, mouthwash yang mengandung alkohol justru membuat mulut kering dan bahkan membuat bau mulut semakin parah.

Itu tadi beberapa tips jitu untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut. Ternyata banyak juga ya cara-cara untuk mengatasinya dan mudah dilakukan. Selamat mencoba!

Penulis: Gracia Frencies

Comment di sini