Cara Menenangkan Pikiran yang Gelisah

by
December 24th, 2014 at 3:55 pm

CiriCara.com – Kita sebagai manusia pasti tidak luput dari masalah. Entah masalah yang sedikit atau banyak, besar atau kecil. Entahlah, karena setiap manusia mempunyai aktivitas dan masalah yang beragam. Mungkin, karena adanya beragam masalah tersebut, membuat tidak semua orang menjadi tahan banting. Banyak juga orang yang bahkan sudah akrab dengan berbagai masalah sehingga berbagai masalah yang ada malah membuatnya tertekan sehingga menyebabkan stress.

me time

Menangkan pikiran – Ist

Jika kamu merupakan salah satu orang yang mungkin memiliki banyak masalah, nggak usah khawatir? Jangan tunggu sampai masalah itu menjadi penyakit dalam tubuh kamu lho ya. Kamu bisa kok mencoba Menenangkan Pikiran kamu. Sehingga mungkin saja masalah akan berkurang atau bahkan, masalah yang ada justru akan membuat kamu lebih kuat.

Tapi, gimana dong cara menenangkan pikiran? Nah, berikut adalah beberapa cara menenangkan pikiran :

1. Dengarkan Musik

Musik sudah dikenal lama sebagai obat penenang hati atau pikiran. Mendengarkan musik sejenak di sela-sela aktivitasmu mungkin dapat membuat pikiranmu tenang. Tapi, usahakan jangan terlalu banyak mendengarkan musik yang mellow atau mendayu-dayu saat kamu sedang dirundung masalah yang sedih. Karena justru akan membuat kamu tambah sedih. Kamu bisa mencoba untuk mendengarkan musik yang menggugah semangat kamu. Barangkali, semangatmu akan tumbuh secara perlahan.

2. Menulis

Jika kamu ternyata adalah orang yang hobi atau menyukai kegiatan menulis, cara yang satu ini bisa lho membuat pikiranmu jadi tenang. Coba deh untuk menuliskan masalah-masalah dan segalau perasaan kamu dalam buku diary atau secarik kertas. Dengan menulis, bisa lho menjadi teman curhat kamu disaat kamu sedang tidak ingin bercerita kepada siapapun.

3. Tertawa

Cobalah untuk tertawa. Namun, jika masalah kamu begitu berat sehingga membuatmu kesulitan tertawa, kamu bisa mencoba untuk nonton film bergenre komedi. Mungkin dengan nonton film komedi, perlahan akan membuatmu lupa dengan masalah dan bisa memancing kamu untuk tertawa dengan lepas.

4. Me Time

Me time, waktu untuk sendiri. Kamu bisa kok sisihkan waktu kamu untuk melakukan hal ini. Merenung adalah tujuan utama dari Me Time. Cobalah untuk dengarkan apa yang hati kamu inginkan dan ingat kembali segala masalah, motivasilah diri kamu. Mungkin kamu bisa mencoba untuk memperbaiki dan mengatasinya satu persatu.

5. Beribadah

Dengan beribadah dengan rutin dan sesuai kepercayaan masing-masing, percayalah. Segala sesuatu pastilah akan dimudahkan oleh Tuhan. Cobalah untuk curahkan semua masalah yang ada di benak kamu kepada Tuhan di sela-sela doa kamu.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menenangkan pikiran yang dapat kamu coba bahkan sendirian. Percayalah jika Tuhan tidak akan memberikan masalah di luar kemampuan umatnya. Jadi, jangan berputus asa ya.

Penulis: Dewihastuti

Comment di sini