Hiburan Dari ‘Siti Hajar Binti James Bond’

by
December 24th, 2014 at 10:26 am

CiriCara.com – Di antara menteri-menteri yang sekarang duduk di ‘kabinet kerjanya’ Joko Widodo, mungkin Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang paling mampu menyihir publik. Gebrakan dan gaya yang ceplas-ceplos dari menteri jebolan SMP telah menjadi hiburan tersendiri bagi publik, di tengah kegaduhan elit yang memekakan telinga dan menyakitkan mata.

menteri jokowi

Menteri Susi – Ist

Jujur saja kita mengakui, praktis selama ini tak ada tontonan yang menarik dari panggung kekuasaan, selain suguhan politik citra yang menyebalkan. Padahal, ketika Soeharto lengser, lalu bangsa ini memasuki babak baru yang katanya babak orde reformasi, publik berharap tontonan dari panggung kekuasaan lebih enak untuk dinikmati. Dari panggung kekuasaan, khalayak ramai berharap bisa diproduksi kisah-kisah yang layak diceritakan pada anak cucunya.

Sayang harapan itu tak kunjung jadi kenyataan. Justru dari arena kekuasaan yang disodorkan adalah kisah-kisah yang menyebalkan. Bahkan akhir-akhir ini, cerita yang dipertontonkan adalah cerita yang membuat perut mual. Parlemen gaduh dan ribut. Partai kisruh dan adu jotos.

Dari DPR, kita dapat tontonan kegaduhan yang tiada habisnya. Dari Senayan pula, rakyat terpaksa harus menyaksikan kisah muram praktek bancakan mengerat uang rakyat. Lewat layar kaca dan kolom berita di koran-koran, mata publik dengan terpaksa mesti menyaksikan antrian para wakilnya yang harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena terjerat kasus korupsi. Namun yang menyebalkan, mereka yang terjerat tak pernah malu mengumbar senyum. Padahal rompi tahanan sudah dikenakan badan. Bahkan mereka masih sempatnya berlagak seperti ‘selebritis’, narsis di depan kamera wartawan.

Dari daerah, tontonan pun tak kalah suram. Bupati kena cokok. Wali Kota digelandang. Anggota Dewan tertangkap tangan, jadi tontonan rutin yang seperti tak ada habisnya. Muncul dan muncul lagi. Pun, suguhan dari lembaga-lembaga penegak hukum tak kalah menyebalkan. Hakim mudah disuap, jaksa yang tak tahan godaan, sampai jenderal polisi yang tak peduli sumpah Bhayakara, menjadi suguhan yang dijejalkan paksa ke depan publik. Semua cerita itu bukan tontonan yang menghibur yang bisa dinikmati di tengah himpitan beban hidup.

Mata rakyat kian sakit, ketika disodorkan tontonan menteri yang terpaksa harus mengenakan rompi tahanan, karena tersangkut kasus rasuah. Makin sakit lagi, karena menteri yang seperti itu tak hanya satu. Satu sudah memakai rompi tahanan, dua lainnya sudah berstatus tersangka. Mereka kena kasus, ketika masih jadi aktif menjadi punggawa di kabinet. Sebelumnya, rakyat juga disuguhi kisah pensiunan menteri yang masuk bui juga karena korupsi.

Comment di sini