5 Fakta Unik Tentang Presiden Jokowi

by
January 6th, 2015 at 9:42 am

CiriCara.com – Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo atau yang sering disapa Jokowi memang sangat fenomenal dalam karir di dunia politik. Mulai dari menjabat sebagai Walikota Solo, naik jadi Gubernur DKI Jakarta, dan terakhir menjadi orang nomor satu di Negeri ini, Presiden.

jokowi

Joko Widodo – Ist

Dalam karir politiknya, nama Jokowi terkenal dengan gaya blusukannya ke kampung-kampung hingga bisa melekat dengan rakyat. Karena gaya khasnya tersebut, pria kelahiran Surakarta (Solo) ini pun pernah menjadi sampul majalah TIME diedisi 27 Oktober 2014.

Tidak hanya karir politiknya yang terus melejit dan gaya blusukannya yang khas, ternyata masih banyak yang belum diketahui sisi lain dari mantan Walikota Solo itu. Penasaran fakta apa saja yang berkaitan dengan Presiden Jokowi? Berikut ada beberapa penjelasannya.

Simak baik-baik ya!

1. Suka Musik Metal

Jokowi merupakan presiden pertama Indonesia yang menyukai musik rock, terutama band asal Amerika, Metallica. Bahkan, pada tahun 2013 lalu Metallica datang ke Jakarta, Jokowi yang masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, menyempatkan diri untuk melihat aksi dari grup band yang berdiri sejak 1981 itu.

2. Pelantikan Jokowi Dirayakan Oleh Rakyat

Sejak terpilih menjadi Presiden pada 20 Oktober 2014 lalu, merupakan hari paling bersejarah baginya. Sebab, pada hari itu Jokowi-Jusuf Kalla (JK) dilantik sebagai Presiden. Bahkan, baru pertama kali di Indonesia presiden yang dilantik oleh rakyat. Apalagi, banyak warga dan relawan Jokowi-JK yang sudah menunggu untuk mengadakan syukuran di Monumen Nasional (Monas).

3. Selalu Pakai Kemeja Putih

Berbeda dengan presiden sebelumnya, Jokowi selalu memakai kemeja putih disetiap blusukannya. Sejak menjabat gubernur DKI Jakarta, ia selalu memakai kemeja putih polos dan dilipat pada bagian ke dua tangannya. Meski pada masa kampanye Gubernur Jokowi populer dengan baju kotak-kotak, namun setelah menjabat Jokowi ternyata lebih sering pakai kemeja putih.

4. Tanggal Lahir

Tanggal kelahiran Jokowi sama dengan kematian presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Seperti diketahui, Jokowi lahir pada tanggal 21 Juni 1961. Sementara itu, Soekarno dikabarkan meninggal dunia pada 21 Juni 1971.

5. Paling Top

Jokowi merupakan gubernur pertama yang popularitasnya mengalahkan presiden. Bahkan, ia melebihi popularitas top dan seleb.

Bagaimana? Luar biasa bukan, Presiden Jokowi ini?

Penulis: Fikri

Comment di sini