5 Hal yang Biasanya Dilakukan Menjelang Natal

by
January 6th, 2015 at 8:49 am

CiriCara.com – Natal merupakan perayaan yang hanya dilakukan satu tahun sekali yang jatuh pada tanggal 25 Desember. Natal biasanya dirayakan oleh umat Kristiani tidak hanya pada tanggal 25 Desember, tetapi juga pada tanggal 24 Desember dimana para umat Kristiani merayakan malam Natal yang dilakukan di Gereja ataupun hanya di rumah saja.

misa natal

Misa Natal – JIBI Photo

Di saat menjelang Natal, banyak orang-orang yang sudah mempersiapkan hal-hal apa saja yang akan dilakukan nanti, dan berikut adalah hal-hal yang biasanya dilakukan orang-orang menjelang Natal:

  • Mempersiapkan pohon Natal, biasanya orang-orang sudah mulai mempersiapkan pohon Natal untuk ditaruh di rumah ataupun di Gereja dan dihiasi dengan lampu-lampu agar menarik perhatian, tradisi menaruh pohon Natal di rumah dan di Gereja berhubungan dengan tradisi Mesir, atau Ibrani kuno.
  • Memberikan kartu ucapan selamat Natal, tradisi ini dimulai pada tahun 1843 oleh John Callcott yang berasal dari Inggris. Kartu ucapan biasanya identik dengan gambar-gambar seperti pohon Natal, Santa Claus, hadiah. Semakin berkembangnya jaman penggunaan kartu ucapan selamat Natal semakin beralih kepada e-mail yang bisa lebih mudah untuk dikirimkan kepada teman maupun sanak saudara, dan biasanya berisikan tulisan “Selamat Natal dan Tahun Baru” karena cukup berdekatan dengan akhir tahun.
  • Adanya Santa Claus, ini juga merupakan salah satu ikon yang cukup terkenal saat Natal dan digermari oleh anak-anak, Santa Claus (Santa Nikolas) juga merupakan salah satu tokoh legenda, yang suka mengunjungi rumah anak-anak dengan menggunakan kereta salju dan ditarik oleh beberapa rusa kutub dan memberikan hadiah atau para orang tua biasanya menaruh hadiah-hadiah di bawah pohon natal pada malam Natal, dan di pagi hari Natal para anak-anak mendapatkan hadiah tersebut.
  • Berkumpul bersama keluarga atau kerabat terdekat, dalam perayaan Natal para keluarga biasanya berkumpul bersama di rumah untuk merayakan Natal, untuk saling bertukar kado, memberikan kartu ucapan, maupun mendekorasi rumah bersama, ada juga yang merayakannya dengan makan bersama atapun pergi bersama.
  • Lilin Natal, lilin Natal dimaksudkan sebagai Kristus menjadi terang di tengah dunia yang gelap. Di Gereja lilin Natal cukup sering digunakan yang mengartikan adanya terang dalam dunia ini melalui lahirnya Kristus, pengunaan lilin juga sering digunakan di toko-toko sebagai penghias.

Itulah beberapa dari hal-hal yang biasanya dilakukan orang-orang pada saat menjelang Natal, dengan adanya perayaan Natal ini dapat menambah nilai kebersamaan antara sesama umat Kristiani maupun non-Kristiani untuk saling membagikan kasih dan bersama-sama untuk menjadi terang bagi dunia ini.

Penulis: Melvin

Comment di sini