5 Insiden Pesawat Hilang Misterius

by
January 6th, 2015 at 2:49 pm

CiriCara.com – Beberapa waktu yang lalu telah terjadi musibah kecelakaan pesawat yang membuat negeri ini beduka. Pesawat milik maskapai Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 8501 yang berangkat dari Bandara Juanda, Jawa Timur dengan tujuan Singapura ditemukan serpihannya di perairan Selat Karimata setelah sebelumnya menghilang selama beberapa hari.

pesawat

Pesawat terbang – Ist

Kasus seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya di Indonesia maupun di luar negeri, berikut beberapa kasus pesawat yang menghilang di dunia:

- Misteri Kode Morse di Andes

Sebuah peswat milik British South American Airways menghilang tahun 1952 di sekitar gunung Andes. Anehnya peswat menghilang setelah mengirimkan kode morse aneh yang sampai sekarang tidak diketahui artinya. Pesawat itu akhirnya ditemukan 5 tahun kemudian di gunung Andes. Namun kecelakaan itu menyimpan misteri yang tak terkuak.

- Air France 447

Pesawat Airbus A330 milik maskapai Air France nomor 447 dilaporkan menghilang di Samudera Atlantik. Namun karena menghilang secara tiba-tiba, pesawat susah untuk ditemukan. Dan akhirnya pesawat ditemukan beberapa hari sesudahnya. Kecelakaan ini menewaskan semua penumpang dan kru pesawat.

- Kutukan Penerbangan 191

Sudah 40 tahun terakhir banyak pesawat dengan kode penerbangan 191 yang hilang di udara atau mengalami kecelakaan mengerikan. Salah satu yang fatal adalah pada 1979 yang dialami maskapai American Airlines yang menewaskan 256 penumpang dengan 13 kru pesawat. Kutukan 191 juga menimpa Jet Blue Airways pada tahun 2012, di mana seluruh pilot tiba-tiba mengalami serangan panik misterius saat terbang.

- Penerbangan 19 di Segitiga Bermuda

Pada 5 Desember 1945, pesawat angkatan laut Amerika Serikat mendadak putus kontak di Segitiga Bermuda. Sebelumnya peswat melaporkan bahwa timnya mengalami kesulitan dalam menentukan antara langit dan laut yang mendadak tampak sama. Dan hingga sekarang sudah beberapa pesawat yang dilaporkan hilang di daerah itu. Dan anehnya nasib mereka tidak diketahui hingga kini.

- Flying Tiger 730

Pada 16 Maret 1962 pesawat Flying Tiger lepas landas dari Guam menuju Filipina. Namun setelahnya pesawat itu tak pernah diketahui rimbanya dan menghilang. Hingga kini pesawat dengan nomor penerbangan 739 itu tak pernah ditemukan dan 107 penumpang yang ada didalamnya dinyatakan menghilang.

Itulah beberapa daftar kasus pesawat yang menghilang di dunia, beberapa pesawat berhasil ditemukan seperti pesawat Air Asia, namun beberpa masih menghilang dan tidak pernah ditemukan keberadaannya. Semoga kasus seperti ini tidak terjadi lagi dan informasi ini bisa berguna untuk para pembaca.

Penulis: Reza Rainir

Comment di sini