Berteman dengan Mantan Kekasih? Kenapa Tidak?

by
January 6th, 2015 at 1:10 pm

CiriCara.com – Banyak orang berpikir, jika suatu hubungan pacaran sudah berakhir maka berarti segala kontak hubungan juga harus dihapuskan. Banyak alasan yang menguatkan seseorang untuk memutuskan hubungan dengan mantan kekasihnya, mulai dari perasaan sakit yang belum hilang, canggung, sampai dengan belum siap mendengar kabar mantannya telah menjalin sebuah hubungan baru.

Berteman dengan Mantan

Berteman dengan mantan pacar – Ist

Namun sebenarnya, bagaimana pun mantan kekasih itu adalah orang yang pernah berbagi hidup dengan kamu dan mungkin setidaknya mengerti benar tentang kamu. Untuk itu ada baiknya kamu setidaknya tetap menjaga hubungan pertemanan yang baik dengan mantan kekasih.

Simak beberapa tips berikut ini:

1. Pikirkan hal-hal yang positif

Sebelum kembali menjalin hubungan pertemanan baik dengan orang yang pernah berarti di hidup kamu, kamu harus mengatur ‘mindset’ kamu agar menghindari pemikiran buruk tentangnya. Bagi beberapa orang yang hubungannya berakhir menyakitkan, ada baiknya agar memaafkan dan melupakan segala kenangan pahit yang pernah terjadi antara kamu dengan mantan kekasihmu. Untuk menjalaninya memang berat, namun memaafkan dan perlahan melupakan akan membuat perasaan dan pemikiran kamu menjadi lega.

2. Mengatur “waktu bertemu”

Jika kamu sudah berhasil untuk memaafkan dan melupakan segala kenangan buruk antara kamu dan dirinya, buatlah sesekali janji untuk bertemu tatap muka. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga komunikasi yang lancar dengan mantan kekasihmu. Namun saat bertemu bukan berarti kamu bisa bersikap layaknya seperti dulu saat berpacaran.

Hindari perbincangan tentang hal-hal yang lebih personal, apalagi memperbincangkan hubungan yang telah lewat. Jangan lupa untuk mengatur frekuensi waktu bertemu, jika terlalu sering bisa jadi cinta kamu bersemi kembali bukan?

3. Menghargai keberadaan satu sama lain

Walau pun kamu menjalin pertemanan yang baik dengan mantan kekasihmu, kamu harus tetap menghargai keberadaan masing-masing. Dengan status ‘putus’ yang telah disanding kalian berdua, kamu harus menghindari mengumbar kemesraan baik pada saat bertemu, maupun melalui postingan di media sosial. Hargai setiap keputusan dan jalan yang diambil oleh mantan kekasihmu, bagaimana pun kamu tidak berhak lagi untuk mengatur kehidupannya. Tetap posisikan dirimu di pihak netral.

Penulis: Stefi Octaviana

Comment di sini