Neng Cita Citata Pernah Kawin, Emangnya Kenapa!

by
January 6th, 2015 at 1:30 pm

CiriCara.comLagu “Sakitnya Tuh Di Sini”, memang fenomenal. Lagu yang dicipta Tjahjadi/Ishak awalnya tak begitu populer. Tapi setelah lagu yang dinyanyikan Neng Cita Citata itu masuk sebagai lagu sinetron “Diam Diam Suka” yang tayang di SCTV, Sakitnya Tuh Disini mulai meledak, hingga jadi lagu yang banyak disukai banyak kalangan. Bahkan sampai-sampai anak kecil pun banyak yang hapal luar dalam lagu beserta gaya tariannya.

cita citata

Cita Citata – Ist/Twitter

Beberapa hari yang lewat, saya sekilas menonton sebuah acara infotainment yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta di negeri ini. Salah satu berita utama dari acara infotainmen itu membeberkan kisah masa lalu Neng Cita Citata, pelantun lagu Sakitnya Tuh Disini. Yang diberitakan tentang masa lalu Neng Cita Citata, adalah artis dangdut yang tiba-tiba langsung melesat tenar itu pernah kawin. Neng Cita Citata yang sedang didekati desainer Mas Ivan Gunawan ini, diceritakan pernah kawin pada usia 18 tahun.

Diberitakan pula, pernyataan dari ‘suaminya’ Neng Cita Citata, Galih Purnama Eli alias Ijonk, yang tak terima Neng Cita Citata tak mengakui pernikahannya. Ya, episodenya masa lalu Neng Cita diblejeti lengkap dengan bumbu-bumbunya. Sampai-sampai masa lalu bahwa Neng Cita pernah kerja sebagai gadis pemandu karaoke ikut diberitakan.

Mungkin karena terus diberitakan, Neng Cita akhirnya angkat suara. Ia mengakui bahwa dirinya memang pernah nikah atau kawin. Kata Neng Cita, ia nikah dengan Mas Ijonk pada usia 18 tahun. Berita tentang Neng Cita tak lantas berhenti usai pengakuan jujurnya. Tapi terus makin ramai. Di kanal berita artis portal-portal berita, kisah kawinnya Neng Cita tak kalah ramai. Pendek kata Neng Cita seakan dipojokan ramai-ramai, hanya karena ia pernah menikah pada usia 18 tahun.

Bahkan, tak ada pernyataan Neng Cita, para pencari berita artis seperti ingin terus meramaikan kisah kawinnya Neng Cita. Kali ini, mereka meminta komentar-komentar dari para artis dangdut. Saya pernah menyaksikan tayangan pernyataan Mas Saiful Jamil, eks suaminya Mbak Dewi Persik mengomentari pengakuan Neng Cita. Mas Saiful merasa salut Neng Cita mau jujur mengakui. Mas Saiful seperti sedang menerapkan slogan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bahwa berani jujur itu hebat.

Saya kira pola pemberitaan Neng Cita Citata, sama persis dengan pola pemberitaan dari dunia politik. Biasanya, ketika keluar sebuah kebijakan atau ada pernyataan entah itu dari elit partai, menteri atau presiden yang kontroversial, suara para pengamat akan dipinjam menanggapi itu. Bahkan, digelar diskusi-diskusi untuk menelaah lebih dalam kebijakan atau pernyataan kontroversi itu. Apa dampaknya, seperti apa perkiraan di masa datang, dibedah dari berbagai sisi.

Bedanya, berita dari dunia infotaiment terkait dengan kisah-kisah personal, seperti yang dialami Neng Cita Citata yang diberitakan ramai-ramai hanya karena pernah nikah. Tidak ada, tindaklanjut berita yang bisa dikaitkan dengan kepentingan publik, misal apa dampaknya bagi penonton pemberitaan yang mengumbar cerita pribadi seorang public figur yang kebanyakan mengungkap aib.

Kalau memang Neng Cita pernah nikah, emangnya kenapa. Saya kira tak ada yang salah, bila seseorang itu pernah nikah lalu kandas. Mungkin, menjadi berita yang bisa dijadikan pelajaran bila berita di program infotainment membedah dampak kawin muda. Atau membedah, penyebab dari banyaknya perceraian yang diakibatkan perkawinan usia muda. Apakah ada keterkaitan nikah di usia dini, dengan potensi perceraian? Apakah nikah usia dini itu tepat? Atau berapa sebenarnya usia yang ideal untuk mengarungi bahtera rumah tangga? Saya kira berita yang membedah itu lebih banyak mengandung pelajaran. Setidaknya ada yang didapat dari pemberitaan kawin cerai para artis.

Comment di sini