Tips Merawat Rambut Rusak

by
January 6th, 2015 at 1:21 pm

CiriCara.com – Rambut kering dan rontok adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak wanita. Sebagai mahkota, tentu kita ingin memiliki rambut yang indah. Selain itu, rambut juga sebagai salah satu penunjang penampilan kita. Namun banyak yang mengalami masalah rambut kering dan rontok karena sering menggunakan hair dryer atau pun sering mencatok rambut.

rambut lepek

Merawat rambut – Ist

Sangat penting mengetahui penyebab rambut kering seperti penggunaan alat-alat perawatan seperti hair dryer, alat catok alat pengeriting rambut, pola makan yang tidak sehat dan bahkan keramas setiap hari atau sering berganti-ganti shampoo juga dapat menjadi penyebab rambut rusak.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam melakukan perawatan rambut kering dan rontok yang dapat dilakukan sehari-hari:

- Shampoo

Kita harus memilih dan menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut. Plilih lah shampoo untuk rambut rusak atau rontok. Hindari lah keramas 1 hari sekali, usahakan keramas 2 kali sehari. Tetapi, terlalu sering keramas juga tidak baik.

- Vitamin rambut

Gunakan vitamin rambut untuk membantu rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam memilih vitamin rambut ini juga Anda harus memlilihnya degan benar, seperti jika Anda memiliki kulit kepala kering plilihlah vitamin rambut yang mengandung vitamin E dan B3, untuk rambut kasar dan bercabang pilih lah vitamin rambut yang mengandung vitamin C, dan untuk rambut rontok pilih lah vitamin rambut yang mengandung biotin.

- Peralatan rambut

Hindari penggunaan hair dryer atau peralatan panas lain seperti catokan dapat membuat rambut rusak. Jika ingin rambut Anda cepat kering Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membantu mengeringkan rambut Anda.

- Sisir rambut

Pilih lah sisir rambut yang memiliki jarak kerengangan cukup besar agar mudah dalam menyisir dan jangan menyisir rambut degan cepat karena dapat membuat rambut Anda kusut dan rontok. Sisirlah rambut secara perlahan.

- Makanan untuk mengindari rambut rontok

Makanan yang dapat membantu menghindari rambut rontok antara lain adalah seefood karena mengandung kadar seng yang dapat membuat rambut kokoh dan subur, toge dan ketimun juga dapat mencega kerontokan karena mengandung zat silikat yang dapat membantu tubuh dan rambut menyerap vitamin dan mineral degan cepat.

Penulis: Oxsyahna Salam

Comment di sini