3 Suku Pedalaman yang Unik di Dunia

by
January 7th, 2015 at 2:41 pm

CiriCara.com – Geliat arus modernitas dan globalisasi yang kini tengah melanda dunia ternyata tidak mampu mengubah pola hidup, perilaku, tradisi dan budaya sebagian suku-suku pedalaman di dunia. Buktinya sebagian dari mereka masih eksis dengan tetap mempertahankan budaya dan gaya hidup sesuai dengan nilai kepercayaan yang mereka yakini.

Berikut hal dan fakta unik di antara suku-suku pedalaman yang ada di dunia:

1. Suku Baduy Dalam (Indonesia)

Suku Baduy Dalam

Suku Baduy Dalam – Ist

Dengan nilai dan kearifan lokal yang mereka pegang teguh, hingga saat ini Suku Baduy Dalam menolak segala hal yang berkaitan dengan dunia teknologi. Jangankan gadget, smartphone dan produk terkini lainnya, listrik pun mereka enggan untuk menggunakannya. Bahkan sabun dan deterjen pun dilarang di Suku Baduy dalam ini. Mereka lebih memilih berharmoni dengan alam asli tempat mereka hidup dan bernaung serta untuk menjaga kelestariannya.

2. Suku Karen (Thailand)

suku karen

Suku Karen di Thailand – Ist

Kecantikan memang dipersepsikan berbeda oleh tiap suku dan negara di dunia. Walau dalam keumuman cantik dipersepsikan dengan sosok wanita dengan bentuk tubuh proporsional, berhidung mancung, wajah tirus dan simetris, rambut terurai dan sifat lainnya yang menjadikan wanita layak disebut wanita cantik.

Tapi, tahukah Anda bagi suku Karen yang merupakan suku terbesar di Thailand dengan populasi sekitar 28 ribu orang dan hidup dikelilingi pegunungan dan dataran tinggi di bagian utara, dan tengah Thailand. Bagi suku karen, semakin wanita memiliki leher yang panjang maka dia akan semakin cantik. Oleh karena itu para wanita di suku ini memakai semacam gelang keemasan yang dipasang di leher mereka. Tidak hanya untuk tampil cantik, ternyata memanjangkan leher adalah karena anggapan mereka bahwa mereka berasal dari Burung Phoenix.

3. Suku Aborigin (Australia)

suku aborgin

Suku Aborigin – Ist

Jika Anda beranggapan bahwa suku aborigin yang merupakan suku asli Australia mempunyai perawakan seperti orang-orang Australia saat ini yang menyerupai orang Eropa, Anda salah besar. Karena secara fisik, suku Aborigin memiliki karakter fisik seperti orang-orang Papua yang Ada di belahan timur Indonesia: berkulit gelap dan berambut keriting.

Penduduk pribumi Australia ini berbicara lebih dari 250 bahasa dengan dialek yang berbeda dan termasuk ke dalam 20 jenis bahasa di dunia yang terancam punah. Fakta lain mengenai suku ini adalah saat ini penduduk pribumi ini membentuk 2,4% dari populasi modern Australia. :-(

Penulis: Atepe

Comment di sini