5 Fakta Unik Tentang Januari

by
January 7th, 2015 at 11:21 am

CiriCara.com – Bulan Januari adalah bulan pertama di setiap awal tahun. Masih banyak orang yang masih belum bisa move-on dari kalimat “Happy New Year” atau “Selamat Tahun Baru”. Mungkin bulan Januari merupakan bulan yang biasa saja bagi orang-orang, namun banyak loh fakta unik yang tersimpan di dalamnya.

kalender

Ilustrasi kalender – Ist

Yuk mari kita lihat!

1. Bulan Resolusi

Bulan Januari merupakan bulan pertama yang akan dijalani oleh masyarakat di seluruh dunia, tak heran jika banyak yang membuat resolusi untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Jika resolusi yang telah dibuat tahun lalu belum sempat dijalankan, maka orang-orang akan mencoba membuat resolusi yang baru di tahun yang baru ini. Apakah Anda sudah membuat resolusi untuk tahun ini?

2. Berasal dari nama Dewa

Kata Januari diambil dari nama Dewa Janus yang memiliki arti pintu, dari Bahasa Latin. Dewa Janus memiliki dua wajah yang membuatnya dapat melihat secara bersamaan masa-masa yang telah lewat dan masa depan yang akan datang, ia pun dijuluki sebagai semangat pembuka.

3. Bulan Liburan

Karena terdapat dua momen yang sangat besar di bulan Desember yaitu hari Natal dan Tahun Baru, maka kebanyakan anak sekolah dan kuliah masih merasakan kenikmatan libur panjang di bulan Januari. Banyak orang masih menikmati libur panjangnya baik di rumah, di luar kota atau bahkan di luar negri.

4. Bulan Baik

Mengapa bulan baik? Karena bulan Januari masih merupakan awal tahun, resolusi yang telah dibuat pun langsung ingin dilaksanakan. Tidak sedikit orang-orang yang ingin memulai lembaran baru sehingga mereka cenderung melakukan sesuatu dengan maksimal dan dengan baik. Hal ini pun membawa aura yang cerah untuk orang-orang di sekitarnya.

5. Bulan yang “hangat”

Kata hangat ini bukan dimaksudkan dengan hangat cuaca, kita tahu sendiri bahwa bulan Januari masih merupakan musim penghujan. Nah, karena masih merupakan musim penghujan ada orang yang cenderung membuang waktu agar tidak terkena atau terjebak hujan. Mereka rela berlama-lama di suatu tempat demi menunggu hujan reda. Di sini lah terjadi pertemuan-pertemuan, obrolan-obrolan hangat bersama teman, tidak jarang juga banyak yang berpelukan demi memperhangat diri dan suasana. Bulan Januari merupakan bulan yang hangat bukan?

Penulis: Mercy

Comment di sini