5 Teknik Pengawetan Makanan

by
January 7th, 2015 at 9:17 am

CiriCara.com – Makanan sering basi karena nggak habis dimakan? Jangan khawatir, ada kok cara mengawetkan makanan supaya lebih tahan lama dan nggak mudah basi. Berikut akan dibahas beberapa teknik pengawetan yang bisa membantu untuk mengingatkan kalian dalam menyimpan makanan agar tetap bisa dikonsumsi di lain waktu.

ikan asap

Mengawetkan ikan dengan cara diasap – Ist

1. Pendinginan atau Pembekuan

Pendinginan atau pembekuan ini dilakukan dengan cara memasukkan bahan makanan ke dalam lemari pendingin atau freezer. Hal ini guna menekan pertumbuhan bakteri penyebab pembusukkan pada makanan. Kenapa? Karena pada suhu dingin, pertumbuhan bakteri akan terhambat dan pada titik beku, bakteri akan ikut mengkristal bersama bahan makanan itu. Dengan demikian bakteri tidak sempat membusukkan makanan.

2. Pengasapan

Pengasapan biasanya dilakukan pada bahan makanan berupa daging. Pengasapan dilakukan dengan cara menaruh daging di atas asap. Tentunya dengan tujuan menghilangkan kadar air. Biasanya makanan akan menjadi awet namun tetap berbau asap.

3. Pengasinan

Dilakukan dengan cara menambah garam dengan takaran yang cukup banyak pada bahan makanan. Hal ini guna membuat kandungan air dalam bahan makanan berkurang. Bakteri pembusuk tumbuh di tempat yang lembap jadi jika kadar air dalam bahan makanan rendah, maka pertumbuhannya juga akan terhambat. Biasanya ini dilakukan pada ikan atau yang sering kita sebut ikan asin dan sayur-sayuran seperti sawi dan juga telur.

4. Pengeringan

Dilakukan dengan cara menjemur bahan makanan pada sinar matahari atau pada suhu tertentu. Hal ini guna menghilangkan kadar air dalam bahan makanan. Jika kadar air tidak ada, maka bakteri pembusuk tidak bisa bertumbuh.

5. Pemanisan

Biasanya hal ini dilakukan pada buah-buahan. Dengan cara menambah gula yang cukup banyak disertai bahan tambahan lainnya, maka bakteri pembusuk akan terhambat bertumbuh. Karena bakteri pembusuk tidak dapat tumbuh di kondisi yang manis.

Well guys, gimana? Mudah-mudahan pikiran dan pengetahuan kalian dapat menjadi bertambah dengan pembahasan di atas. Semoga ini juga membuat kalian bisa menyimpan bahan makanan supaya bahan makanan tidak menjadi mubazir atau sia-sia dan dapat digunakan di lain waktu dengan kondisi layak konsumsi. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini