5 Tradisi Unik Tiap Negara Dalam Acara Pernikahan

by
January 7th, 2015 at 11:46 am

CiriCara.com – Pernikahan merupakan sebuah acara yang sakral dan sudah menjadi hal yang biasa pada masa ini, dimana seorang lelaki dan perempuan dipersatukan untuk menjadi sepasang suami istri. Namun tidak semua negara di penjuru dunia ini melakukan acara atau ritual yang sama.

menikah

Pernikahan – Ist

Ada beberapa negara yang melakukan acara pernikahan ini dengan hal yang unik dan tidak biasa menurut tradisinya. Berikut merupakan 5 tradisi unik tiap negara dalam melakukan acara pernikahan:

1. Skotlandia: Calon pengantin disiram cairan berbau busuk sebelum menikah

Di Skotlandia tradisi ini sudah menjadi hal umum yang dilakukan oleh kerabat calon pengantin sebelum acara pernikahan diadakan yaitu dengan menyiram cairan-cairan yang berbau busuk ke seluruh tubuh calon pengantin. Cairan-cairan itu bisa terdiri dari telur busuk, saus, air kotor, bahkan makanan yang telah basi. Tradisi ini dilakukan oleh para kerabat calon pengantin dengan tujuan agar calon pengantin dijauhkan dari hal-hal yang buruk.

2. Cali, Columbia: Sang ibu melihat malam pertama anaknya

Terdengar sangat aneh dan menggelikan, sang ibu ikut masuk ke kamar ketika pengantin hendak melakukan malam pertama. Tradisi ini dilakukan oleh ibu dari pengantin dan hanya dilakukan pada malam pertama saja, hal ini sangat lah terdengar tidak biasa. Bagaimana bisa malam pertama yang harusnya dilakukan dengan privasi namun sang ibu datang masuk untuk melihat aksi malam pertama sang anak. Tradisi ini dilakukan karena rasa sayang sang ibu kepada anaknya.

3. Korea Selatan: Tradisi pukul kaki setelah pernikahan

Tradisi pukul kaki. Ini merupakan hal yang biasa dilakukan kerabat pengantin setelah acara pernikahan diadakan. Kerabat pengantin mulai melepas sepatu, kaos kaki dan mengikat pergelangan kaki sang mempelai pria. Kemudian para kerabat mulai memukul telapak kaki sang mempelai pria dengan ikan corvina. Tradisi ini dilakukan para kerabat dengan maksud agar lelaki pria menjadi kuat pada malam pertama.

4. Mauritania: Pengantin wanita diharuskan bertubuh gemuk

Terdengar sangat lucu, di Mauritania jika ada wanita yang ingin menikah mereka haruslah memiliki badan yang gemuk karena di sini wanita yang cantik adalah wanita yang bertubuh besar. Jika wanita yang ingin menikah bertubuh kecil maka mereka diharuskan untuk melakukan ritual Leblouh dimana sang wanita ditempatkan di suatu kampung dan harus memakan 2 kilogram daging dan 5 galon susu unta setiap harinya. Dan makanan tersebut harus habis. Jika tidak, ada petugas yang mengawasi dan menyiksa sang wanita tersebut

5. Indonesia, Suku Tidung Kalimantan: Tidak boleh buang air besar 3 hari 3 malam

Indonesia pun memiliki tradisi pernikahan yang sangat unik, yaitu merupakan tradisi suku Tidung di semenanjung Kalimantan. Pasangan tidak boleh membuang air besar selama 3 hari 3 malam, sehingga makan dan minum pun dibatasi agar pengantin tidak ke toilet. Tradisi ini dilakukan dengan kepercayaan bahwa keluarga mereka nantinya akan bahagia dan dianugerahi banyak anak juga banyak rezeki.

Penulis: Bayuaji Dewanata

Comment di sini