6 Langkah untuk Selamatkan Bumi Kita

by
January 7th, 2015 at 2:12 pm

CiriCara.com – Apakah Anda sudah bosan dengan topik pemanasan global? Tapi, apakah Anda sudah ikut berperan dalam mengurangi pemanasan global? Jika Anda belum berperan, mari simak hal-hal berikut ini untuk memberikan sedikit kontribusi kita untuk alam tercinta ini.

selamatkan bumi

Selamatkan bumi – Ist

Simak baik-baik ya!!

1. Selalu membawa tumbler atau botol minum

Dengan membawa botol air minum, Anda dapat megurangi pemakaian botol plastik dan juga dapat membantu Anda berhemat. Beberapa bangunan di Jakarta sudah mulai menyediakan fasilitas dispenser untuk para tamu, mahasiswa atau muridnya. Anda dapat mengisi ulang minuman tanpa harus membayar lebih dan juga sudah turut berkontribusi mengurangi pemanasan global. Baik bukan?

2. Gunakan kendaraan umum atau menebeng teman

Anda dapat mengurangi gas emisi karbon dari kendaraan bermotor dengan cara menggunakan alat transportasi umum atau dengan menebeng teman. Karena dengan menggunakan alat transportasi umum, jumlah kendaraan yang ada di jalan pun akan berkurang sehingga dapat mengurangi kemacetan dan juga menghemat bahan bakar yang akan terbuang percuma.

3. Hemat air

Janganlah menggunakan air dengan cuma-cuma. Contohnya, Anda bisa mematikan air saat sedang mencuci tangan dengan sabun, menggosok gigi dan mencuci muka. Anda bisa menyalakannya kembali pada saat ingin berkumur dan membersihkan sisa sabun, jangan biarkan air tersebut mengalir dengan sia-sia.

4. Hemat tissue

Jangan menggunakan tissue terlalu sering. Setelah mencuci tangan, janganlah melakukan gerakan refleks untuk mengambil tissue. Anda bisa menggunakan pengering tangan yang biasa tersedia di toilet. Jika Anda ingin mengelap sesuatu, perkirakan dulu seberapa besar tissue yang diperlukan. Kalau memungkinkan untuk merobek tissue menjadi 2 bagian, robeklah untuk menghemat pemakaian.

5. Hemat listrik

Matikanlah lampu yang sudah tidak digunakan lagi. Jangan lupa juga untuk mencabut charger handphone Anda, karena banyak orang yang lupa mencabut charger hingga berjam-jam.

6. Tanamlah pohon

Mulailah untuk menanam pohon, mulai dari tanaman kecil juga tidak masalah. Karena sekecil apapun tanaman, tanaman tersebut masih berguna untuk menyerap karbondioksida. Asumsikanlah jika ada 1000 orang yang menanam pohon kecil, maka karbondioksida yang terserap akan semakin banyak juga bukan?

Janganlah menyepelekan hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan. Karena sekecil apapun hal yang Anda lakukan, dapat menjadi inspirasi dan merupakan sebuah kontribusi yang bermakna untuk bumi kita tercinta.

Penulis: Mercy

Comment di sini