Cara Belanja Bijaksana Saat Diskon Bertebaran

by
January 7th, 2015 at 10:45 am

CiriCara.com – Bulan Januari sudah tiba, yang artinya akan ada banyak promo awal tahun di setiap pusat perbelanjaan. Pesta diskon ada di mana-mana. Semua membuat tangan gatal dan lapar mata untuk memborong semua barang. Terlebih untuk kaum hawa yang sebagian besar tidak bisa lepas dengan kata DISKON.

berbelanja

Belanja – Ist

Tapi harus diingat kalau segala kebutuhan harus dipikirkan secara matang dan bijaksana. Jangan sampai belanja dengan tidak bijaksana membuat Anda menjadi rugi dan menyesal di akhir, karena uang yang sudah dialokasikan ke tempat lain menjadi terpakai.

Bagaimana caranya agar belanja Anda lebih bijaksana? Sebenarnya tidak lah sulit kalau Anda mau mengikuti cara berikut:

1. Berpatokan kepada Kebutuhan Sendiri

Setiap orang dan keluarga memiliki kebutuhan berbeda. Produk barang dan jasa yang akan dibelipun akan berbeda. Maka akan lebih bijakasana kalau Anda berpatokan dengan kebutuhan diri Anda sendiri. Jangan menyamakan dengan orang lain, telebih karena alasan gengsi.

 2. Tunduk Pada Catatan

Menurut survey ada dua tipe belanja, yaitu belanja spontan dan sesuai catatan. Belanja spontan dipengaruhi oleh keinginan, sedangkan belanja sesuai catatan dipengaruhi oleh kebutuhan. Akan lebih bijaksana kalau Anda tunduk dan patuh terhadap catatan belanja Anda. Bila ada sisa anggaran, diijinkan untuk belanja sesuatu di luar kebutuhan.

 3. Membandingkan Antara Kualitas, Merek dan Harga

Bila sudah menemukan barang yang ada di catatan, jangan segera membeli. Bandingkan terlebih dahulu kualitas, merek dan harga antar merek adalah tindakan bijaksana. Tindakan tersebut untuk menghindari penyesalan nantinya.

 4. Pikirkan Tabungan Masa Depan

Menabung harus dijadikan kebiasaan dari sekarang. Cobalah untuk menyisihkan. Akan lebih bijaksana kalau menyisakan dana belanja untuk ditabung. Ingat akan pepatah yang mengatakan sedikit demi sedikit menjadi gunung. Bila sudah terkumpul, Anda akan merasa bangga pada diri sendiri atas usaha Anda dalam menabung.

Ke-empat cara tersebut sangat mudah diterapkan yang menjadikan Anda seorang yang bijaksana dalam menghadapi diskon yang bertebaran. Semua tindakan bijaksana dalam berbelanja akan memberikan banyak keuntungan untuk diri Anda. Buatlah sikap bijaksana tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Jadi, jangan lupa untuk selalu bijaksana dalam berbelanja.

Penulis: Agta Eka Putri

Comment di sini