Seputar Tentang Pempek

by
January 7th, 2015 at 1:41 pm

CiriCara.com – Suka kuliner? Pasti banyak banget dong yang suka kulineran. Hal ini terbukti dengan makin menjamurnya tempat makan dari yang kaki lima hingga bintang lima. Baik makanan khas luar negeri maupun makanan khas dalam negeri. Kamu juga termasuk penggila wisata kuliner?

pempek palembang

Pempek – Ist

Nah, kali ini akan dibahas makanan satu daerah yang cukup terkenal. Daerah ini adalah salah satu daerah ibukota provinsi yang mempunyai ciri ada jembatan penyebrangan bernama Jembatan Ampera. Yep, betul sekali Kota Palembang. Kali ini akan dibahas makanan khas yang paling terkenal dari Palembang yaitu pempek.

1. Ikan yang Digunakan

Yayyy… Selain terkenal dengan Jembatan Ampera, Kota Palembag sering banget dikenal dengan pempeknya yang lezat dan mempunyai rasa yang khas. Kenapa pempek Palembang beda dari yang lain? Karena ikan yang mereka gunakan sebagian besar adalah ikan belida. Namun, kini penggunaan ikan belida sudah jarang karena langka dan harganya yang mahal. Satu kilo ikan belida dibanderol dengan harga sekitar dua ratus ribu rupiah. Bisa lebih mahal, tergantung pasaran.

Walau pun harga mahal, ikan ini sudah sulit ditemui dan kalaupun ada penjualannya juga sangat cepat karena ikan belida memiliki cita rasa yang berbeda dari ikan lain. Namun sekarang penjual pempek sudah menggantinya dengan ikan yang memiliki harga yang lebih rendah seperti ikan tenggiri, ikan gabus dan ikan parang-parang. Berbeda ikan, berbeda pula rasa pempek yang dihasilkan loh guys.

2. Cuka

Makanan yang terbuat dari olahan ikan ini dimakan menggunakan cuka. Eits, cuka yang satu ini bukan cuka putih yang berasa asam seperti yang sering dicampurkan jika kita mau makan bakso. Melainkan cuka ini terbuat dari gula merah yang dimasak dengan air yang dicampur dengan asam jawa, garam, cabai dan bawang putih.

Cuka pempek yang lengkap terdiri dari 3 jenis yakni, cuka manis, cuka pedas, dan cuka asam. Cuka manis bisa Anda gunakan bagi yang kurang suka pedas dan asam dan begitu dengan cuka lainnya. Semua cuka ini tetap punya rasa asam manis dan pedas hanya dengan takaran yang berbeda sesuai namanya. Cuka ini akan menambah kelezatan pempek Palembang ini.

3. Sagu

Bahan utama dari pempek yang lainnya adalah sagu. Sagu yang digunakan mempengaruhi tingkat kelenturan atau kekejalan pempek serta warna pempek. Jadi jika mau membuat pempek, hati-hati dalam memilih sagu. Gunakanlah sagu kemasan jika ingin lebih aman sehingga warna pempek yang dihasilkan lebih putih.

Wah semoga info di atas bermanfaat ya guys. Selanat menikmati pempek.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini