3 Dampak Buruk Minuman Berkarbonasi

by
January 8th, 2015 at 1:34 pm

CiriCara.com – Suka minum minuman yang bergas? Minuman yang sangat banyak penggemarnya ini sangat digemari karena rasanya yang menyegarkan dan dapat menghilangkan dahaga. Beberapa yang disukai dari mereka selain rasa manis, juga karena minuman ini menpunyai sensasi meledak di mulut. Penjelasan tentang alasan orang memilih minuman berkarbonasi juga ada di artikel saya yang berjudul “Alasan Orang Suka Minuman Berkarbonasi“.

minuman soda

Minuman Berkarbonasi – Ist

Berikut efek dari konsumsi minuman berkarbonasi:

1. Membuat Gemuk

Salah satu teman saya waktu itu mengajak saya untuk makan siang di sebuah tempat makan bernuansa All You Can Eat. Saat itu saya dan teman saya hendak mengambil minum, lalu teman saya bilang bahwa jangan mengambil minuman bersoda, katanya karena jika minum minuman bersoda, maka akan merasa kenyang.

Kandungan yang terdapat dalam minuman bersoda, ternyata bisa menyebabkan perut terasa kenyang karena mengandung salah satu kandungan karbohidrat. Kenapa membuat gemuk? Karena kandungan itu mempunyai ikatan zat yang bisa membuat tubuh menerima banyak kalori. Karena itulah minuman bersoda jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kegemukan.

2. Menyebabkan Diabetes

Kenapa menyebabkan diabetes? Padahal minuman karbonasi yang dikonsumsi tidak terlalu manis. Tahu kah kalian bahwa di dalam minuman bersoda terdapat kandungan glukosa yang mempunyai tingkat kemanisan lebih dari sepuluh kali lebih manis daripada gula biasa. Oleh karena itulah pengkonsumsian minuman karbonasi berlebihan bisa mengakibatkan diabetes.

3. Pengeroposan Tulang

Nah, ini salah satu alasan juga kenapa tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkarbonasi. Di dalam minuman berkarbonasi ada kandungan zat yang dinamakan asam fosfat. Asam fosfat ini merupakan zat yang dapat membantu pengeroposan tulang. Hal ini membuat tulang kita menjadi cepat rusak. Memang tidak terasa cepat, mamun dalam jangka panjang sadar atau tidak sadar hal ini terjadi.

Gimana ni teman-teman? Tetap enjoy dan nikmati segarnya minuman karbonasi pilihan kamu. Jangan takut mengkonsumsi minuman berkarbonasi ya teman-teman namun tetap harus dalam takaran yang pas dan tidak boleh berlebihan agar beberapa hal di atas tidak menimpa kita sehingga kita tetap terjaga dari resiko tersebut. Semoga bermanfaat ya.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini