3 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Kuliah di Singapura

by
January 8th, 2015 at 11:28 am

CiriCara.com – Bagi kalian para siswa kelas 3 Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat) dan sebentar lagi akan mengikuti Ujian Nasional mungkin sudah mulai berangan-angan akan melanjutkan kuliah di mana nanti? Apakah di universitas negeri atau di swasta? Kuliah di Indonesia atau di luar Indonesia.

Fokus kuliah / Ist.

Fokus kuliah / Ist.

Ada banyak pilihan universitas yang bisa kamu pilih, entah itu di dalam negeri maupun luar negeri. Nah, bagi kalian yang memiliki niat untuk kuliah di luar negeri khususnya Singapura, maka kalian harus mulai dari sekarang menyiapkan berbagai persiapan. Dan persiapan-persiapan itu adalah…

1. Tempat Kuliah

Mulai dari sekarang kamu sudah harus mulai mencari tau kampus-kampus yang terdapat di Singapura dan sesuai dengan keinginan kamu. Kalian juga harus sudah tau jurusan yang akan dipilih nantinya. Mengapa demikian? Karena di Singapura kampus terbagi atas 3 kategori yaitu, public, private, dan international.

Setiap kategori dari kampus itu memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Itulah sebabnya sangat penting mulai mengumpulkan informasi dari sekarang. Ingat! Keputusan untuk kuliah di luar negeri itu bukan hal yang sepele. Jadi jangan sampai kamu menyesal yah.

2. TOEFL/IELTS

Mulai dari sekarang kamu sudah harus memiliki nilai TOEFL atau pun IELTS. Tenang kalian tidak harus memiliki keduanya namun cukup salah satu saja. Karena kampus di Singapura hanya akan meminta salah satu saja, jadi pastikan kamu memiliki salah satunya.

*TOEFL atau IELTS adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Sumber; (Wikipedia)

3. Biaya hidup

Bila kamu sudah yakin akan kuliah di Singapura, maka kamu sudah harus memperkirakan biaya yang akan kamu keluarkan untuk hidup di sana. Dimana kamu akan tingggal, berapa biaya tempat tinggal, kendaraan, dan lain-lainnya. Jika kamu memiliki niat untuk kuliah dan kerja paruh waktu di Singapura, maka lupakan saja karena Singapura memiliki peraturan yang dimana para mahasiswa ataupun pelajar dari luar Singapura tidak boleh untuk kerja paruh waktu, jadi kalian akan fokus kepada pelajaran kalian dan tugas-tugas yang ada.

Jadi untuk kalian yang ingin kuliah di Singapura, siapkan diri kalian dan serta biayanya :)

Penulis: Syarah Mangelep

Comment di sini