Mau Usaha? Coba Rental Pengetikan Komputer

by
January 8th, 2015 at 1:22 pm

CiriCara.com – Hampir 75% masyarakat usia produktif di Indonesia belum mau mencoba jalur menjadi wiraswastaThey are  kebanyakan masih berfikir menjadi karyawan atau pegawai baik di pemerintahan atau swasta, karena menurutnya bahwa menjadi pegawai adalah cara yang paling aman untuk bertahan hidup di era globalisasi. Disisi lain bahwa kita tidak ada lowongan pekerjaan untuk diisi, mereka pun mengeluh ditambah kesah sejadi-jadinya. Sebenarnya apa sih yang mereka takutkan ?

usaha rental komputer

Rental Pengetikan Komputer – Ist

Menjadi wiraswastawan, resiko bangkrut menjadi salah satu faktor biasanya yang bermodal besar, sehingga masyarakat usia produktif sepertinya enggan melirik usaha itu. Belum lagi tentang pinjaman modal yang harus mereka tanggung. Bahkan anggapan mereka bahwa membuka usaha mandiri hanya mungkin dilakukan bagi mereka yang terlahir dari keluarga yang tajir, yang bisa meminta modal dengan sesuka hati kepada orang tuanya.

Dan bagi yang bermodal kecil, jangan takut untuk membuka usaha mandiri, salah satu contoh dari usaha mandiri bermodal kecil adalah Rental Pengetikan Komputer. Memang banyak orang saat ini memiliki komputer baik yang berupa Laptop, Notebook, Netbook, tetapi untuk mengetik cepat 10 jari sistem buta, bagi tiap-tiap orang belum tentu menguasainya. Nah rental pengetikan adalah usaha mandiri modal kecil. Kalau usaha itu dimotori sendiri tentunya tanpa mengeluarkan biaya untuk gaji karyawan.

Intinya bahwa usaha mandiri itu dikerjakan oleh si pemilik usaha. Tetapi kalau usaha tersebut bisa berkembang, kita bisa menambah beberapa unit komputer dan karyawan sebagai penjaga rental. Usaha mandiri berupa rental pengetikan komputer sebaiknya berlokasi di luar area universitas, karena tidak semua mahasiswa mempunyai peralatan pengetikan seperti Netbook dan lain sebagainya.

Pengalaman penulis, saat ini penulis masih menjadi pengelola rental pengetikan plus analisa data, rental ini hanya khusus untuk penyusunan skripsi, dan konsumennya para mahasiswa semester akhir. Hampir 8 tahun menjadi wirausaha ini, waktu itu modalnya hanya 1 unit komputer dan untuk tempat usaha hanya di rumah dan di pinggir jalan serta jauh dari Universitas. Menurut penulis bahwa menjadi wirausaha rental pengetikan komputer itu tidak pernah gulung tikar, karena setiap masa dan setiap saat masih dicari orang atau mahasiswa untuk diketikan atau dibuatkan naskah proposal.

Jadi apa yang kita ragukan dan takutkan, jangan hanya bisa mengeluh dan pasrah dalam menghadapi kenyataan, bahwa walau tidak diterima kerja di mana pun. Remember, bahwa orang yang bisa bertahan hidup adalah orang yang bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada walau dengan modal kecil. Selamat berwiraswasta 2015

Penulis: MasArif

Comment di sini