Tips Mengajak Anak Cinta Lingkungan

by
January 8th, 2015 at 2:04 pm

CiriCara.com – Bencana banjir, tanah longsor, kebakaran hutan tentunya tak asing lagi bagi kita yang hidup di Indonesia. Tak perlu disangsikan lagi bahwa bencana-bencana di atas akibat dari ulah manusia yang memperlakukan lingkungan alam dengan seenaknya. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa masalah lingkungan adalah masalah global yang tidak terkait dengan perilaku sehari-hari. Hal ini salah besar karena persoalan lingkungan berakibat langsung pada kehidupan masyarakat Indonesia.

pemanasan global

Ajarkan anak menanam pohon – Ist

Akibat kerusakan lingkungan dan pemanasan global, diperkirakan 72 hektar lahan di Jakarta akan tenggelam pada tahun 2030. Berdasar penelitian Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2007, daerah-daerah di Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan Banten merupakan kawasan yang akan tenggelam pada tahun 2050. Akibat dari pemanasan global diperkirakan pada 2070, sebanyak 2.000 dari 18 ribu pulau di Indonesia akan tenggelam akibat naiknya air laut.

Agar bencana tersebut tidak terjadi diperlukan keterlibatan individu, tak terkecuali anak-anak karena mereka adalah generasi penerus yang akan menjaga keberlangsungan hidup bumi. Oleh karenanya kita perlu mendidik anak sedini mungkin agar mereka menyayangi lingkungan.

Berikut beberapa tips mengajak anak peduli dan menyayangi lingkungan mulai dari hal-hal kecil misalnya:

  • Membuang sampah pada tempatnya

Di dalam rumah selalu sediakan tempat sampah di tempat-tempat yang mudah dijangkau anak. Bila bepergian, ajarkan juga mereka membuang sampah di tempat sampah umum. Anda dapat memberi anak pemahaman bahwa sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan banyak kuman penyakit serta menyebabkan banjir.

  • Menanam tanaman dan memelihara binatang

Mengajarkan anak menanam dan menyiram tanaman dapat menumbuhkan kesadaran mereka bahwa tanaman juga makhluk yang memiliki hak hidup. Anda juga dapat memberi si kecil binatang peliharaan untuk dirawat. Ini akan memupuk kesadarannya untuk mencintai makhluk hidup lain selain manusia.

  • Mengajari anak hemat air dan listrik

Biasakan anak memakai air secukupnya, dan mematikan air keran saat sudah penuh. Ajak anak menghemat penggunaan listrik misalnya seperti mematikan lampu saat meninggalkan ruangan, tidak menyalakan lampu pada siang hari, menghemat baterei di mainannya dengan tidak menyalakan mainan berlebihan.

  • Membawa bekal sendiri

Makanan yang dijual di luar rumah umumnya menggunakan kemasan plastik yang susah diurai tanah dan akan menumpuk menjadi sampah. Biasakan anak membawa bekal di kotak makanan dan minuman di botol.

  • Mendaur ulang barang bekas

Anda dapat mengajak anak bermain dan membuat benda bermanfaat dari barang yang sudah tak terpakai dan masih layak dimanfaatkan. Misalnya tempat pensil dari botol plastik, mainan mobil dari kardus bekas dan sebagainya.

Mengajarkan anak menyayangi lingkungan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab pribadi akan menciptakan generasi penerus bangsa yang bijak. Yuk kita tanamkan pada putra putri tercinta mulai dari sekarang!

Penulis: Nikie

Comment di sini