9 Cara Berpenghasilan Melalui Menulis

by
January 9th, 2015 at 9:50 am

CiriCara.com – Kesenangan dalam bidang menulis ternyata bisa menjadi jalan masuknya rezeki. Di zaman di mana akses internet dan media sosial menjadi lebih mudah saat ini, banyak yang melakoninya, terutama perempuan yang tak ingin meninggalkan keluarga mereka dalam beraktivitas.

kerja

Ist

Ada banyak kemudahan dalam melakoni kegiatan menulis yang “menghasilkan” karena mencari sumber tulisan sekarang lebih mudah. Tinggal mengetikkan kata kunci pada mesin pencari maka beragam masukan bisa dipelajari.

Ada banyak jenis bidang kepenulisan yang bisa ditekuni, di antaranya adalah:

1. Penulis lepas

Mereka yang menyebut dirinya “penulis lepas” biasanya tidak terikat kontrak. Misalnya mereka yang menulis feature (tulisan khas) atau kolom-kolom pada surat kabar, majalah, tabloid, atau website/blog. Freelance editor yang menangani in-house magazine (penerbitan internal) perusahaan-perusahaan maupun lembaga-lembaga tertentu juga bisa dikategorikan ke dalam penulis lepas.

2. Penulis buku

Mereka yang menciptakan karya tulis ke dalam bentuk buku tergolong ke dalam penulis buku. Genrenya biasanya nonfiksi dengan kekhususan pada buku-buku religius, traveling, tips dan trik, buku bisnis, buku pelajaran sekolah, atau buku anak. Mereka yang bergelut dalam dunia ini, setiap selesai menghasilkan satu karya, mulai lagi mencari bahan untuk karya lainnya.

3. Penulis novel

Anak-anak hingga dewasa menyukai novel. Untuk anak-anak ada novel anak. Untuk remaja ada teenlit. Untuk dewasa ada novel romance. Ada pula kategori novel sejarah dan novel fantasi. Mereka yang bergelut dalam dunia ini, setiap selesai menghasilkan satu karya, mulai lagi mencari bahan untuk karya lainnya. Bisa juga sementara menyusun yang satu, sementara itu pula mencari bahan untuk karya berikutnya. Dalam satu tahun ada novelis yang bisa menerbitkan 4 novel!

4. Penulis biografi

Ada orang yang mengkhususkan dirinya menulis biografi orang lain. Baik itu yang sudah meninggal maupun yang masih hidup. Ada pula yang menulis tentang seseorang dengan tujuan mengangkat nama orang itu. Dalam hal ini, penulisan biografi dipesan oleh orang yang bersangkutan kepada sang penulis.

5. Penulis skenario

Penulis skenario biasa membuat naskah-naskah untuk sinetron, drama, teater, atau film. Beberapa penulis skenario biasanya menjual naskahnya secara independen atau dikontrak dan bekerja sama dengan lembaga tertentu seperti televisi atau perfilman.

6. Ghost writer

Ghost writer menulis dengan jasa fee tertentu tetapi atas nama orang lain. Pemesan cukup memberikan pokok-pokok pikiran (outline), bahan penulisan, dan menyampaikan tujuan penulisan buku maka ghost writer akan bekerja sesuai permintaan.

Comment di sini