Cara Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Media Sosial

by
January 9th, 2015 at 10:56 am

CiriCara.com – Kamu semua tentunya sudah tidak asing dengan media sosial yang sekarang ini sedang menjamur. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll. Pastinya kamu memiliki minimal salah satu akun sosial media ini. Hal ini tentunya menjadi suatu keuntungan apabila kamu memiliki atau memulai suatu usaha, karena media sosial dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas. Usaha kamu pun dapat menjadi lebih dikenal oleh masyarakat.

media sosial

Bisnis di Media Sosial – Ist

Keuntungan lain dari usaha melalui media sosial adalah modal yang kecil. Memulai usaha melalui media sosial ternyata memerlukan modal yang sangat sedikit, jika dibandingkan dengan usaha berbentuk fisik. Apalagi, sistem pembayaran dalam jual beli online pada umumnya mengharuskan pembeli untuk membayar terlebih dahulu, sebelum barang yang diinginkan dikirim. Jadi bisa dibilang kamu sebagai penjual diberi modal terlebih dahulu dari pembeli.

Makanya, tidak heran sekarang ini banyak sekali akun media sosial yang khusus dipergunakan untuk kegiatan jual beli. Baik itu merupakan platform yang menaungi berbagai macam penjual, maupun pengusaha individu yang melakukan usahanya via media sosial.

Bagaimana sih cara memaksimalkan akun media sosial kamu, agar dapat menjadi sumber penghasilan tambahan untukmu? Berikut beberapa tips untuk memulai dan mengembangkan usaha via media sosial, yang didapatkan dari pemilik usaha online yang sedang naik daun, @dapurgladies yang bernama Teh Gladies:

1. Tentukan fokus usahamu

Baik itu jasa, makanan, produk fashion, kecantikan, dll. Dengan begini, kamu dapat lebih mudah menentukan target penjualanmu. Akan lebih baik apabila fokus usaha yang kamu pilih sesuai dengan spesialisasi yang kamu miliki. Misalnya, Teh Gladies yang memang memiliki hobi memasak, dan kebetulan mengambil jurusan tata boga ketika kuliah, memutuskan untuk menjadikan brownies panggang sebagai fokus utama penjualannya.

2. Pilih target pembeli

Dengan menentukan fokus produk kamu, tentunya kamu juga pasti sudah tau kualitas dan harga produk yang kamu ingin jual. Pastikan kamu menjajakan produk kamu kepada orang-orang yang tepat, yang juga tidak keberatan untuk membeli produk kamu. Tapi ingat, pastikan harga dan kualitas barang berbanding lurus ya..

3. Tawarkan ke orang terdekat

Jangan malu untuk menjajakan jualanmu kepada orang-orang terdekat. Misalnya, tawarkan jualanmu di kampus, kantor, dsb. Kamu tidak pernah tahu kapan dan siapa orang yang membutuhkan barang yang kita jual. Siapa tau orang itu ada di sebelah kamu.

4. Promosi media sosial

Tentunya dengan berusaha via media sosial, kamu mau usaha kamu semakin dikenal publik dong? Nah, kalau produk kamu dipromosikan oleh orang-orang yang memiliki banyak followers di media sosial, atau yang biasa diebut buzzer, maka popularitas produk kamu juga pasti akan naik. Untuk itu kamu harus mencari tahu siapa saja orang-orang yang menjadi buzzer di media sosial, dan kemungkinan besar akan mempromosikan produk kamu, karena mereka merasa cocok menggunakan produk kamu.

Belajar dari Teh Gladies, ketika pamor produknya belum seperti sekarang, ia biasanya mengirimkan satu brownies panggang kepada satu buzzer dengan harapan mendapatkan promosi dari buzzer tersebut. Memang Teh Gladies tidak selalu mendapatkan promosi yang diingikan, namun ketika salah satu buzzer mempromosikan produknya, biasanya buzzer lain akan ikut mempromosikan dan bahkan membeli produk itu.

Belajar dari Teh Gladies, modal awal yang dikeluarkan untuk merintis usaha @dapurgladies hanya sebesar Rp. 300.000,- serta peralatan masak yang sudah ada di dapur dengan tangan sendiri. Sekarang, setelah usahanya berjalan selama satu tahun hanya melalui media sosial, Teh Gladies sudah bisa mempekerjakan lima orang pegawai, mencicil mobil sendiri, serta membeli peralatan masak yang lebih canggih. Kebayang dong berapa besar keuntungan yang didapatkan Teh Gladies hanya dalam jangka waktu satu tahun?

Nah, makanya jangan takut apabila kamu tertarik untuk memulai usaha via sosial media. Siapa tau kedepannya usaha kamu akan semakin populer dan disenangi banyak orang. Yang perlu diingat, tentunya dalam menjalani suatu usaha, kamu harus giat dan tidak gampang bosan. Tidak menyerah ketika dihadapi dengan berbagai macam tantangan yang ada. Selamat berusaha!

Penulis: Nadia Anzani

Comment di sini