Daftar Pohon yang “Ditungguin” Makhluk Gaib

by
January 9th, 2015 at 10:18 am

CiriCara.com – Dunia mistik, atau hal-hal yang berbau gaib, di Indonesia seperti sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan penduduknya. Setan, dedemit, jurig, jin, genderewo, siluman adalah sederet kosakata dari kamus pergaiban di Tanah Air. Tentu, setiap daerah tak selalu sama.

pohon hantu

Ilustrasi penampakan hantu di pohon – Ist

Namun yang pasti dunia pergaiban, bukanlah dunia asing. Ini dunia yang dipercaya secara turun temurun dari zaman nenek moyang kita. Bahkan kini dunia pergaiban sudah jadi lahan industri, terutama di industri hiburan. Lihat saja tayangan program “Dunia Lain” di salah satu stasiun televisi swasta yang kembali tayang, setelah lama menghilang. Tidak hanya itu, sekarang program itu ditayang secara live, seakan ingin memuaskan dahaga kepenasaran para penontonnya yang ingin melihat langsung penampakan makhluk gaib lewat kamera. Meski, hingga saat ini, belum ada penangkapan wujud makhluk gaib secara signifikan di acara tersebut. Yang ada kebanyakan masih berupa suara-suara, serta adegan kesurupan peserta uji nyali Dunia Lain.

Suatu sore saya sempat berbincang dengan seorang lelaki bernama Heri Sukoyo. Dia mengaku berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Usianya menurut pengakuan dia, 36 tahun. Dia seorang supir bajaj. Di kalangan koleganya sesama tukang bajaj, Mas Heri Sukoyo ini dipercaya orang yang sedikit banyak tahu tentang alam pergaiban.

Nah, sekarang kan lagi trend tuh soal batu akik. Mas Heri ini, selalu jadi andalan untuk menerawang apakah sebuah batu, berisi atau tidak. Benar tidaknya saya tak tahu. Saya kenal Mas Heri, karena sering nongkrong di sebuah warung kopi yang kebetulan juga jadi tempat mangkalnya para supir bajaj. Dari acara ngopi-ngopi itulah saya kenal Mas Heri, juga supir bajaj lainnya.

Karena beliau ini dikenal dan dipercaya tahu alam pergaiban, iseng-iseng saya tanya tentang pohon-pohon yang selalu dianggap, bahkan dituding jadi “rumah” para penghuni alam gaib.

Menurut Mas Heri, pohon yang selalu dituding jadi rumah penghuni alam gaib, adalah pohon sawo. Kata dia, dimana-mana pohon sawo ini selalu dicurigai jadi rumah nyaman makhluk gaib. Atau setidaknya, jadi tempat mahluk gaib sering unjuk wujud.

“Di pohon sawo ini, biasanya penunggunya adalah kuntilanak,” kata Mas Heri.

Pohon lainnya yang selalu dinilai angker, kata Mas Heri, adalah pohon beringin. Apalagi pohon beringin yang sudah tua, lengkap dengan juntaian jenggot pohonnya. Makin angker, bila di sekitar pohon beringin itu ada mata air.

” Di pohon beringin ini, penghuninya adalah genderewo, para memedi,” kata Mas Heri.

He.he.he.he sepertinya Mas Heri ini kurang update, hanya fokus pada penghuni dari dunia lain. Padahal di dunia manusia, terutama di panggung politik, penghuni beringin itu adalah orang-orang penting. Bahkan, sekarang beringin sedang diperebutkan. Yang memperebutkan, adalah orang-orang penting juga yang saling klaim jadi penghuni sah beringin. Orang-orang penting itu, diantaranya Pak Aburizal Bakrie, dan Pak Agung Laksono.

Upss malah ngelantur ke politik. Itu bukan pohon beringin dalam perspektif Mas Heri. Apa yang saya bicarakan, itu beringinnya Golkar, partai berlambang pohon beringin. Sekarang kita kembali ke keterangan Mas Heri soal daftar pohon yang ada penunggu gaibnya.

Comment di sini