Keunikan Bulan Februari yang Perlu Diketahui

by
January 9th, 2015 at 1:32 pm

CiriCara.com – Sebulan lagi kita akan memasuki bulan ke-2 di tahun 2015 yaitu bulan Februari. Tidak terasa perjalanan bulan Januari pergantian waktunya begitu cepat. Dan perjalanan waktu yang cepat ini akan memasuki bulan yang kedua. Senang dan sedih akan kita rasakan bersama, akan tetapi satu hal yang wajib kita lakukan bersama-sama yaitu terus berjuang dalam menjalani kehidupan ini.

februari

Februari – Ist

Tahun 2015 menurut kepercayaan etnis Tiongkok tahun ini adalah tahun Shio Kambing Kayu. Bagi masyarakat etnis Tiongkok yang akan merayakan tahun baru (Imlek) pada tanggal 19 Februari 2566 (menurut kalender Tiongkok) yang memiliki arti yang sangat penting untuk perjuangan hidup di dunia ini. Sesuai mitos masyarakat Tiongkok, shio kambing kayu mempunyai sifat yang bijak, santai, humoris, dan mempunyai sifat pengertian terhadap keinginan orang lain. Shio kambing kayu mempunyai karakter sentimental. Ia murah hati dan tidak sembrono.

Berikut ini ada beberapa keistimewaan di bulan Februari 2015:

  • Mempunyai Hari Terpendek

    Bulan Februari berbeda dengan bulan-bulan lainnya terutama dengan jumlah harinya. Jika pada bulan selain Februari, mempunyai jumlah hari ada yang 30 hari, 31 hari. Tetapi pada bulan Februari di tahun 2015 ini berjumlah 28 hari (jadi bagi yang lahir di hari ke 29 bulan Februari mungkin perayaan ultahnya 4 tahun sekali yah), dan bulan Februari disebut dengan bulan dengan jumlah hari terpendek.

    Efek dari jumlah hari di bulan Februari tentunya sangat menguntungkan bagi para pekerja, mahasiswa, kenapa demikian? Ya kita hitung-hitung bila dibulan-bulan seperti biasanya, kita lama banget menunggu gajiannya, sedangkan pada bulan Februari malah cepat tanggal mudanya di bulan berikutnya. Bagi mahasiswa mungkin akan kelebihan uang kirimannya, sebab ada sisanya. Sisanya buat ditabung atau membeli keperluan lain yang bermanfaat.

  • Memiliki tahun kabisat 

    Tahun kabisat atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Leap Year merupakan Tahun Syamsiyah dimana di tahun tersebut memiliki tahun 366 hari. Tahun kabisat ini mempunyai pengaruh yang cukup besar pada bulan Februari. Biasanya Februari mempunyai 28 hari, namun pada tahun kabisat, bulan Februari malah memiliki 29 hari, jadi, kita bakal merasakan 28 hari di Februari di tahun 2015 ini.

    Faktanya bahwa tahun kabisat dirasakan hanya segelintir orang yang sadar dan tahu. Tapi, beberapa orang-orang yang merayakan kelahiranya di hari ke 29 Februari tentunya akan menantikan tahun spesial ini hanya berlangsung dalam 4 tahun sekali.

Demikianlah tentang keunikan bulan Februari, sebenarya di bulan Februari masih ada keunikan tentang hari valentine atau hari kasih sayang, tapi penulis tidak akan mengungkapkan tentang hari kasih sayang tersebut, bagi penulis hari kasih sayang bukan hal yang unik, kenapa? Karena terlalu lebay, sebab hari kasih sayang, kenapa dirayakan setahun sekali. Padahalkan kasih sayang bisa dilakukan setiap waktu dan hanya diperuntukan bagi pasangan yang sudah sah saja. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

Comment di sini