Manfaat Menyikat Gigi Secara Teratur

by
January 9th, 2015 at 3:45 pm

CiriCara.com – Aduh, lupa sikat gigi karena kemaren udah ketiduran. Males ah sikat gigi, kan besok-besok kan masih makan. Sikat giginya sebentar lagi aja. Sekali aja cukup kok sikat giginya, kan mau makan lagi juga. Wah, teman-teman jangan lupa loh, sikat gigi itu sangat penting tapi hal ini sering dianggap sepeleh oleh orang-orang.

Menggosok gigi teratur / Ist

Menggosok gigi teratur / Ist

Berikut manfaat dari menyikat gigi secara teratur.

1. Menghilangkan bau mulut

Taukah kamu, seharum apapun makanan yang kamu makan, semewah apapun, sebersih apapun, pasti akan meninggalkan bau mulut yang tentunya tak sedap baunya. Mau jenis apapun baik sayur apalagi jenis daging-dagingan, bau mulut yang ditinggalkan akan lebih pekat.

Kenapa bisa muncul bau mulut? Perlu diketahui saat kita mengunyah makanan di mulut, pasti makanan itu akan tertinggal dan menempel di gigi kita saat kita kunyah. Sisa makanan yang menempel di gigi dan daerah mulut ini akan berinteraksi dengan air ludah dalam mulut, jika tidak dibersihkan akan menghasilkan bakteri. Bakteri inilah yang kemudian akan menyebabkan hawa mulut terasa bau.

2. Membersihkan Gigi dari Sisa Makanan

Pasti pernahkan kalian merasa makan, lalu terasa ada sepotong kecil makanan yang tertinggal di mulut dan menempel di gigi. Pasti rasanya tidak nyaman betul? Karena itu banyak yang mencari tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan tersebut. Tapi, sisa makanan tidak hanya yang itu saja, ada sisa makanan yang kecil menempel di gigi. Dan hanya dapat dibersihkan dengan menggosok gigi saja, karena dengan menggosok gigi disertai penggunaan pasta gigi, kuman, bakteri dan sisa makanan akan dibersihkan.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Jika tidak ada sisa makanan, maka tidak ada kuman. Jika tidak ada kuman, maka tidak ada yang akan menggerogoti gigi dan membuat gigi berlubang, sehingga gigi kita tetap sehat.

4. Membuat Gigi Tampak Lebih Putih

Sisa makanan yang terlalu lama menempel di gigi akan menyebabkan plak atau karang gigi. Hal ini akan membuat gigi terlihat lebih kuning. Dengan rajin menggosoknya, maka tidak akan ada penyebab gigi ditumbuhi plak dan gigi tetap tampak lebih putih.

5. Mencegah Terjadinya Penyakit Mulut

Hal ini sering disepelekan. Taukah kalian, bahwa sisa makanan akan menyebabkan bakteri dan bakteti tersebut bisa menyebabkan terjadinya penyakit mulut. Jika Anda tahu, penyakit mulut ini sangat beragam, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Dan tentunya tidak ada penyakit yang enak sehingga akan membuat kita tidak nyaman.

Guys, tetap rajin menggosok gigi ya. Terutama saat malam, karena di saat malam, enzim mulut tetap bekerja. Sikat gigi minimal dua kali sehari, dan tolong jangan sepelehkan masalah sikat gigi. Tetap hidup bersih ya. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini