Puncak Gunung Rinjani: Seperti Berdiri di Atas Awan

by
January 9th, 2015 at 1:56 pm

CiriCara.com – Gunung Rinjani adalah gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tengara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Suhu di sekitar gunung Rinjani ini sekitar 20 derajat celcius hingga 12 derajat celcius.

gunung rinjani

Puncak Gunung Rinjani – Dok. Ade-ismar.blogspot

Gunung Rinjani, merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki gunung. Mengapa? Karena gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Dari puncak gunung ini kita akan merasa seperti tengah berada di atas kumpulan awan. Sungguh luar biasa bukan?

Selain mempunyai pemandangan yang indah, terdapat pula Segara Anakan, sebuah danau terletak di ketinggian 2.000 m dpl. Danau ini sering dikunjungi oleh para pendaki. Untuk mencapai danau, kita bisa mendaki dari Desa Senaru atau Desa Sembalun Lawang. Butuh waktu sekitar 9 jam untuk mencapai danau ini. Memang, merupakan perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan yang di berikan oleh danau ini.

Banyak rute untuk mencapai puncak gunung Rinjani. Namun ada 2 rute yang sering dilewati oleh para pendaki, yakni Rute Senaru dan dan rute Sembalun Lawang. Kedua rute ini memiliki keindahan dan tantangan masing-masing. Itulah sebabnya dua rute pendakian ini jadi yang paling favorit.

Pada Rute Senaru, kita akan menemukan tanjakan yang tiada henti. Tetapi, pada rute ini kita akan di kelilingi oleh pohon-pohon tinggi. Untuk mencapai puncak gunung Rinjani, diperlukan waktu kurang lebih 10-16 jam. Para pendaki biasanya memperhitungkan waktu dengan tepat agar dapat sampai dipuncak gunung pada saat matahari terbit (sunrise).

Rute Sembalun Lawang, merupakan rute yang juga digemari oleh para pendaki pemula. Karena jalur ini tidak terlalu curam. Rute ini di dominasi oleh Padang Savana. Sehingga, jika ingin mendaki melewati rute ini disarankan untuk membawa air minum yang cukup. Karena di rute ini, kita akan bermandikan panas matahari. Tetapi, rute ini memiliki keindahan tersendiri.

Pemandangan hamparan padang dan hamparan hutan di sebelah Timur Gunung rinjani yang sangat hijau juga indahnya selat Alas dan Pulau Sumbawa di kejauhan, akan membayar keringat dan memanjakan mata anda. Jalur ini akan memakan watu ±7 -9jam. Setelah sampai di puncak Gunung Rinjani, kita dapat melihat pulau Lombok dan pulau Bali dari puncak Gunung Rinjani jika cuaca cerah.

Rute mana yang dipilih tidak masalah. Asalkan, kita dapat menikmati pemandangan dan perjalanan yang ditempuh.

Penulis: Cindy

Comment di sini