Tips Jitu untuk Membangun Usaha Mandiri

by
January 9th, 2015 at 8:34 am

CiriCara.com – Ingin menjalankan usaha mandiri, memang memerlukan modal besar tetapi modal kecil pun bisa dilakukan tergantung rencana dan apa yang kita jual. Kalau yang dijual jasa pengetikan seperti wirausaha pengetikan komputer, ini memerlukan modal kecil dan keahilan khusus seperti bisa mengetik 10 jari sistem buta. Dulu penulis mengawali modalnya hanya Rp 1.650.000 dan printer seharga Rp 800.000, tempat usaha di rumah. Dalam hal ini penulis tidak akan menceritakan pengalaman penulis menjadi wirausaha. Tetapi ingin berbagi tips, dimana dengan modal kecilpun bisa menjalankan usahanya dengan baik.

usaha sendiri

Membuka usaha sendiri – Ist 

Mungkin kita sering mendengar tentang kesuksesan seseorang menjadi pengusaha besar, ternyata dulunya bermula dari modal yang kecil. Dan bagi yang mempunyai rencana membangun dunia bisnis yang manis di tahun 2015 dengan modal kecil ini, ada baiknya untuk membaca tips dan kiat-kiat agar suskses menjadi wirausaha yang mandiri.

  • Pelajari ilmunya dari pengusaha besar

Kita tidak diwajibkan untuk meniru kesuksesan orang lain, tetapi perlu diciptakan kesuksesan dari kita sendiri, tetapi untuk mempelajari ilmu dan kiat-kiat yang diciptakan oleh pengusaha sukses sangatlah perlu. Pelajarilah cara-cara mereka membangun dari awal usahanya yang bermula dari wiraswasta modal kecil menjadi besar.

  • Manfaatkan teknologi yang ada

Dewasa ini kemajuan teknologi sudah pesat, seperti sarana internet. Gunakanlah internet sebagai sarana promosi untuk mendapatkan pelanggan. Menginformasikan barang yang kita jual dapat kita promosikan dengan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Istagram dan lain-lain. Gunakanlah dengan promosi yang sejujur-jujurnya dan jangan menipu.

  • Dilarang mengeluh dan selalu fokus

Menjadi wirausaha tentu dilakukan dengan serius, disiplin, dan dibarengi dengan capek. Ini adalah resiko bagi para wirausaha pemula yang ingin sukses. Fokuslah dengan usaha yang kita jual baik jasa atau niaga secara istiqomah.

  • Bangunlah sebuah sistem

Walaupun sebagai wirausaha bermodal kecil, namun setiap usaha wajib diperlukan sistem yang bagus, kita harus mendelegasikan pekerjaan dengan baik, menemukan orang yang tepat untuk membantu dalam usaha kita, kita tidak harus bekerja sendirian, karena disekitar kita ada sebagian orang yang siap membantu usaha kita, bangunlah managemen dengan baik.

  • Bangunlah kepercayaan

Prinsip usaha mandiri adalah kepercayaan dari konsumen. Konsumen akan senang dan setia dan menjadi pelanggan tetap dikala jasa/barang yang dihasilkan memuaskan.

Demikian lah beberapa tips jitu untuk membangun usaha mandiri, semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

 

Comment di sini