Yuk! Lihat Komet Lovejoy di Langit Jakarta Akhir Januari 2015

by
January 9th, 2015 at 8:53 am

CiriCara.com – Bagi Anda penggemar Astronomi, pandanglah langit malam, mungkin Anda akan menemukan cahaya hijau yang merupakan penampakan komet yang sedang melewati Planet Bumi. Sedikit informasi mengenai komet, komet adalah benda langit yang berada di luar angkasa, yang mengelilingi matahari dengan orbit berbentuk lonjong atau parabolis.

komet lovejoy

Komet Lovejoy – Ist/NASA

Komet sering disebut juga dengan bintang berekor. Padahal, komet bukanlah bintang, melainkan benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari. Beberapa komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengelilingi Matahari.

Di awal tahun 2015 ini, Bumi dikunjungi oleh salah satu komet yang indah bernama Komet C/2014 Q2 atau disebut juga dengan Komet Lovejoy. Komet Lovejoy ditemukan oleh astronom amatir dari Australia, Terry Lovejoy pada Agustus 2014. Komet Lovejoy dianggap sebagai komet terbesar dan paling terang yang pernah dilihat oleh astronom dalam waktu 40 tahun. Komet ini melesat dengan perkiraan titik terdekat Bumi di jarak sekitar 44 juta mil pada 7 Januari 2015, lalu.

Baca juga: Jutaan Asteroid Mengancam, Bumi Akan Kiamat?

Komet Lovejoy bersinar terang dan dapat disaksikan dengan mata telanjang di Daerah Suburban. Kemarin, komet ini muncul di langit utara, di sebelah kanan bagian bawah busur Orion, tepat di atas konstelasi Eridanus. Komet Lovejoy membentuk lukisan yang sangat indah dengan warna hijau di langit. Komet berwarna hijau ini akan terus bergerak setiap malamnya, sehingga tepat pada 14 Januari akan berada di Pleiades atau Gugus Kartika di rasi bintang Taurus.

Menurut informasi yang didapat, komet Lovejoy akan berada pada posisi terdekatnya dengan matahari pada tanggal 30 Januari nanti. Diperkirakan, keindahan Komet Lovejoy dapat dinikmati oleh pengamat sebelum tanggal tersebut dan akan kembali beberapa ribu tahun ke depan.

Berdasarkan laporan In The Sky, komet dengan cahaya hijau tersebut bisa dilihat di langit Jakarta pada Jumat (30/1/2015), sekitar pukul 19:07 WIB, memasuki malam hari. Yuk, coba pandangi langit di atas, mungkin Anda dapat menyaksikan langsung fenomena langka ini!

Penulis: Marina Udala

Comment di sini