3 Masker Rambut Homemade untuk Rambut Indah Alami

by
January 12th, 2015 at 10:16 am

CiriCara.com – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa memiliki rambut indah dan sehat adalah salah satu keinginan yang ingin dicapai oleh semua wanita. Memiliki rambut indah memang bisa kita dapatkan dengan memanjakan diri ke salon, akan tetapi adakah cara lain yang lebih praktis dan hemat biaya untuk mendapatkan rambut indah dan sehat? Jawabannya adalah masker rambut, masker rambut homemade (buatan rumah/sendiri) merupakan solusi yang paling mudah untuk kita jalani, terutama kalian yang memiliki jadwal padat setiap minggunya!

mengecat rambut

Mesker rambut – Ist

Masker rambut dapat kita buat dengan bahan-bahan alami yang dapat kita temui di supermarket-supermarket hingga pasar terdekat! Apa sajakah bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai masker rambut.

1. Masker Alpukat

Masker rambut berbahan dasar buah alpukat sangat baik untuk kalian yang memiliki rambut kering dan kusam. Buah alpukat cukup terkenal sebagai bahan alami yang dapat menghaluskan serta melembutkan rambut. Untuk membuat masker rambut dari alpukat ini cukup mudah. Simak cara membuatnya berikut ini:

Tumbuk halus alpukat hingga menjadi pasta secukupnya (sesuai dengan panjang dan tebal rambut) lalu campur dengan setengah cangkir susu dan 1 sendok makan minyak zaitun (minyak zaitun untuk kecantikan bukan untuk masak, yang dapat kita temukan di supermarket-supermarket terdekat). Aduk rata ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit keapala hingga ujung rambut. Tunggu hingga 20-30 menit agar masker dapat menyerap ke rambut lalu cucilah rambut Anda dengan shampoo yang biasa Anda gunakan dan bilaslah hingga bersih.

2. Masker Yogurt

Masker rambut berbahan dasar yogurt merupakan masker yang sangat efektif untuk melembutkan rambut. Masker ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut susah diatur. Masker rambut ini membutuhkan yogurt plain secukupnya (sesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut), 1 sendok makan madu, serta 2 sendok makan minyak zaitun (minyak zaitun untuk kecantikan bukan untuk masak, yang dapat kita temukan di supermarket-supermarket terdekat). Aduk rata ketiga bahan ini lalu oleskan pada rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Untuk hasil yang efektif, tunggulah 20-30 menit agar masker dapat melakukan penyerapan optimal lalu cucilah rambut Anda dengan shampoo yang biasa Anda gunakan dan bilaslah rambut Anda hingga bersih.

3.  Masker Strawberry

Masker rambut berbahan dasar strawberry sanggat cocok bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak dan rambut yang mudah lepek. Masker rambut ini mengandung vitamin C yang dapat menyeimbangkan PH kulit kepala dan produksi minyak. Masker ini membutuhkan segenggam buah strawberry, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak kelapa.

Cara pembuatannya adalah tumbuk dan hancurkan buah strawberry hingga halus dan membentuk pasta lalu campurkan madu dan minyak kelapa dan aduk hingga rata. Oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda, tunggulah sekitar 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat kemudian air dingin agar mendapatkan rambut sehat dan berkilau.

Tips menggunakan masker rambut homemade:

  • Masker rambut akan lebih enak untuk dinikmati jika dalam keadaan dingin. Jika ingin menggunakan masker rambut, simpanlah dulu masker rambut di kulkas selama beberapa waktu hingga cukup dingin.
  • Masker rambut dapat disimpan di kulkas selama seminggu (bahkan lebih) jika disimpan di freezer.
  • Saat membilas masker rambut gunakanlah air hangat agar penyerapan lebih maksimal, akan tetapi saat mencuci rambut dengan shampoo gunakanlah air biasa/dingin. Hal ini dilakukan untuk  menjaga kelembaban rambut. Penggunaan air hangat terus menerus dapat membuat rambut terasa kering.
  • Mencuci rambut sesudah masker dengan shampoo berguna untuk menghilangkan minyak berlebih yang terdapat di masker rambut. Membilas masker rambut juga harus hingga bersih, karena jika tidak malah dapat menimbulkan gatal ataupun ketombe.

Penulis: Michelle Velicia

Comment di sini