5 Fakta Unik Tentang Kopi

by
January 12th, 2015 at 10:47 am

CiriCara.com - Kopi adalah salah satu minuman yang cukup digemari oleh banyak masyarakat karena cita rasa yang ada dalam kopi dapat memberikan sensasi rasa nikmat dan rileks yang hanya dimengerti oleh orang-orang yang benar mengerti akan kopi, disamping itu kopi juga membawa banyak cerita di belakangnya bukan hanya sekedar soal rasa, tetapi juga hal-hal unik yang terkandung di dalamnya.

kopi

Biji kopi hitam – Ist

Tidak hanya sebagai pengantara sebuah bahan pembicaraan untuk penikmatnya, ternyata kopi ingin berbicara banyak tentang nya, memang untuk mengerti cerita di balik kopi dibutuhkan penghayatan yang dalam, tetapi di saat kita sudah mengerti, pandangan kita akan kopi seakan berubah dari yang hanya untuk dinikmati rasanya, tetapi juga dapat dinikmati ceritanya.

Dan berikut adalah 5 fakta unik tentang kopi yang mungkin banyak dari kita belum mengetahuinya, dimulai dari:

  1. Tidak semua Arabica rasanya asam, banyak orang berangggapan bahwa kopi Arabica adalah kopi yang lebih didominasi oleh rasa asam yang ternyata disebabkan oleh proses penggilingan dari kopi tersebut. Arabica yang biasanya disajikan di tempat ngopi, biasanya tidak digiling terlalu halus dan yang menyebabkan timbul rasa asam tersebut, tetapi jika Arabica digiling sampai sangat halus akan menimbulkan rasa pahit. Proses penggilingan juga berpengaruh akan rasa dari kopi tersebut.
  2. Rasa kopi berpengaruh pada tanaman pendampingnya, dan ternyata tanaman pendamping dari kopi juga berpengaruh pada rasa yang akan timbul pada biji kopi selain dari unsur tanah. Pada dasarnya kopi membutuhkan tanaman pendamping karena akar dari kopi itu sendiri adalah akar tunggang yang butuh untuk di tunjang oleh tanaman lain, maka dari situlah kopi dibutuhkan tanaman pendamping yang berakibat juga pada rasa akhir dari kopi itu sendiri. Salah satu contoh tanaman pendamping tanaman kopi yang didampingi oleh tanaman lain adalah Kopi Flores dengan tanamanan Jeruk.
  3. Rasa Kopi mengikuti wadah, beda antar gelas kopi yang berbahan dasar tanah liat dengan gelas stainless steel. Gelas yang berbahan dasar tanah liat bukanlah penghantar panas yang sempurna, tetapi dengan kita menyeduh kopi di gelas dari tanah liat, panas yang dihantarkan oleh air tersebut tidak menyebar kepada gelas tersebut dan membuat rasa dari kopi tetap terkunci tanpa terpecah, beda dengan gelas yang berbahan dasar stainless steel yang pada dasarnya adalah penghantar panas yang baik, panas dari air tersebut akan secara menyeluruh memanasi gelas tersebut yang mengakibatkan rasa dari kopi akan menjadi terpecah karena fokus dari air panas tidak kepada kopi melainkan kepada wadah.
  4. Kopi bisa menjadi penangkal kanker kulit, sebuah penelitian pada tahun 2007 menyebutkan hampir 94 ribu wanita yang meminum kopi setiap hari, diketahui resiko untuk mengalami kanker kulit 11 persen lebih rendah dibanding yang tidak mengkonsumsi kopi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences. Hal tersebut disebabkan oleh Kafein yang menghambat jalur kinase ATR, yang berperan dalam merespon kerusakan DNA. ATR yang telah dihambat jalur kinase nya oleh Kafein menghambat pembelahan sel dan memungkinkan untuk memperbaiki DNA daripada membiarkan sel yang rusak menjadi mati.
  5. Kesegaran dari Kopi hanya bertahan 1-2 minggu setelah digiling, kopi akan berkurang kesegarannya jika kopi tersebut setelah digiling tidak sesegera mungkin diminum, oleh sebab itu jika kita ingin mempunyai kopi dengan kesegaran yang maksimal, coba untuk tidak menggiling kopi jika tidak sesegera mungkin diminum. Lebih baik membeli biji kopi yang baru dipanggang tapi belum digiling, yang dapat meminimalisir hilangnya kesegaran dari kopi tersebut dibandingkan setelah digiling.

Penulis: Melvin

Comment di sini