5 Olahan Nasi yang “Menggoyang” Lidah

by
January 12th, 2015 at 3:03 pm

CiriCara.com – Wah, sebagai orang Indonesia pasti tiap hari kita menyantap nasi bukan. Tapi kita lebih sering mengkonsumsi nasi putih dengan lauk saja. Bosen dengan olahan nasi yang biasa? Berikut akan dibahas olahan nasi yang bisa jadi rekomendasi buat kamu:

1. Nasi Uduk

Nasi uduk nikmat

Nasi yang satu ini sudah sangat lumrah terdengar. Olahan nasi satu ini dibuat dengan cara diberi santan, serai dan daun salam serta diberi garam. Fungsi penambahan garam ini adalah untuk memberi rasa gurih pada nasi uduk. Nasi uduk biasanya disantap untuk menemani sarapan kalian. Teman makan nasi uduk ini biasanya adalah telur, ikan teri, kacang tanah goreng, bawang goreng, tempe, dan kerupuk. Atau Anda juga bisa menyantapnya dengan tambahan lauk lain. Kalian sangat mudah menemukan tempat untuk membeli nasi uduk di pagi maupun malam hari.

2. Nasi Kuning

nasi kuning mantap

Nasi Kuning – Ist

Sesuai dengan namanya, nasi kuning ini adalah olahan nasi yang berwarna kuning. Warna kuning pada nasi kuning ini adalah berasal dari tambahan kunyit. Nasi kuning ini sering disajikan dengan membuatnya menjadi nasi tumpeng. Pelengkap menyantap nasi ini adalah ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng dan lainnya.

3. Nasi Bakar

nasi bakar

Nasi Bakar – Ist/Wikipedia

Wah nasi bakar ini juga cukup laris manis dan banyak penggemar. Nasi bakar ini adalah olahan nasi yang dicampur dengan bumbu dan tambahan lauk yang lalu dikemas dalam daun pisang dan dibakar. Lauk tambahan untuk menikmati nasi bakar ini langsung ada di dalam bungkusan daun pisangnya

4. Nasi Goreng

Nasi Goreng Spesial

Nah nasi goreng ini biasanya jadi favorit orang yang mau simpel. Nasi yang diolah dengan cara dimasukkan ke dalam tumisan bawang, dan ditambah suiran ayam, sosis, bakso dan sayuran lalu diberi kecap dan bumbu tambahan lainnya, pasti sangat lezat. Apalagi jika disantap saat hangat dan ditemani kerupuk.

5. Nasi Tim

nasi tim

Nasi Tim – Ist/Wikipedia

Nah, nasi ini juga sangat nikmat, namun penjualanya masih lebih sedikit ketimbang olahan nasi yang sudah disebutkan di atas. Nasi ini berwarna kecoklatan dan dimasak dengan cara di tim atau di kukus. Nasi ini disantap bersama telur rebus, ayam suir kecap, jamur shitake, emping, serta kuah kaldu ayam. Rasanya jangan ditanya, rasanya yang ringan sangat enak saat sampai di perut.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini